Jogjakarta, Infosekayu.com - Mantan Presiden AS Barack Obama mengagumi Candi Borobudur sebagai simbol harmoni dan toleransi umat beragama. Sebagai candi peninggalan agama Budha, Borobudur saat ini ada di tengah masyarakat muslim dan masih terawat dengan baik.

Demikian disampaikan Obama pada Dirut PT TWCBPRB Edy Setijono yang mendampingi Obama dan keluarganya naik hingga puncak candi. Obama datang pukul 16.35 WIB naik lewat pintu barat kenari dan turun pukul 17.18 WIB.

Kepada Edy, Obama menceritakan bahwa kunjungannya ini merupapakn yang kedua. Saat masih kecil Obama mengaku pernah berkunjung ke Borobudur. Sedangkan bagi keluarganya, ini kali pertama mereka ke candi tersebut.

"Obama sangat terkesan. Ini kunjungan kedua. Saat kecil pernah ke Borobudur dan sekarang datang lagi bersama keluarganya. Ini sngat indah dan merupakan simbol toleransi," kata Edy.

Edy berharap kunjungan Obama ini akan berdampak baik bagi pariwisata Borobodur. Kunjungan pemimpin negara lain menandakan candi aman untukdikunjungi.

Adapun mengenai para pengunjung yang kecewa saat diminta turun, Edy, mengatakan semula mereka ada yang protes. Namun setelah dijelaskan bahwa ini tamu negara dan sebagai tuan rumah harus menyambut baik, mereka bisa mengerti. (ZxP)
Share To:

Post A Comment: