Sekayu, infosekayu.com - Pesta malam yang dinilai sebagian pihak seringkali menimbulkan penyakit masyarakat dan kerusuhan akan terus diminimalisir baik dari aparat penegak hukum dan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). 

Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan Peraturan Daerah (Perda) pembatasan pesta malam khususnya di Kabupaten Muba terus dikejar untuk segera diselesaikan di tingkat legislatif. "Pembatasan pesta malam ini sangat penting, oleh sebab itu harus dibuatkan Perda-nya. Dan Perda ini juga mendapat dukungan dari banyak pihak terutama Forum Keagamaan yang ada di Muba," ujarnya di sela Audiensi Menerima Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Kamis (23/11/2017). 

Dodi juga menyebutkan, Forum Kerukunan Beragama sangat penting untuk mempertahankan kondisi zero konflik di Kabupaten Muba. "Jadi, kalau ada pemicu yang bisa memecah kerukunan di Muba Pemerintah sangat berharap kepada Forum-Forum Keagamaan yang di Muba pro aktif meminimalisirnya bersama-sama Pemkab Muba," tuturnya. 

Lanjut Dodi, dirinya meminta kepada FKUB, FKDM, dan FPK untuk bersama-sama turun ke Kecamatan hingga ke Desa untuk melakukan dialog bersama pemuka masyarakat dan warga dalam mencegah potensi kerusuhan baik antar agama maupun etnis. "Harus ada dialog rutin ke desa-desa nantinya yang dikomandoi bersama forum keagamaan dan Pemkab Muba," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Muba Ahmad Yani menyebutkan hingga saat ini bisa dikatakan Muba sangat aman dari kerusuhan antar umat beragama dan etnis. "Ini juga berkat kerukunan yang sangat erat di lapisan masyarakat dan komitmen Pemkab Muba untuk terus menjaga kerukunan antar etnis dan antar agama," ungkapnya. Ia menambahkan, tiga forum mitra Pemerintah yakni diantaranya FKUB, FKDM dan FPK dalam waktu dekat akan melakukan dialog ke desa-desa di Muba untuk terus menjaga kerukunan di Muba. "Selain itu, kami juga berharap dalam waktu dekat ini Bupati Muba bisa melantik kepengurusan Forum ini agar bisa maksimal di lapangan," pungkasnya.
Share To:

Post A Comment: