SERASAN JAYA, INFOSEKAYU.COM - Pemkab Musi Banyuasin (Muba) melalui  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Muba gelar pelaksanaan uji coba Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan (ASIK) dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama/MoU antara Kepolisian Resor Muba tentang pelayanan perpustakaan Keliling dan Sirkulasi Buku pada Sudut Baca Polres Muba. Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba, Senin (20/11/2017).
Mewakili Bupati, Asisten Setda Bidang Administrasi Umum Kabupaten Muba, H Ibnu Saad SSos MSi mengatakan kegiatan penandatangan kesepakatan bersama/MoU antara Kepolisian Resort Muba dengan DPK Kabupaten Muba tentang pelayanan perpustakaan keliling dan sirkulasi buku pada sudut baca Polres Muba  menandakan sinergi antara Pemkab Muba dan FKPD satu arah dan berjalan dengan lancar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 
"Aplikasi sistem yang telah dilaunching yaitu ASIK tentunya berhubungan dengan kemajuan teknologi, DPK sudah bejalan lebih maju dengan menerapkan sistem digital, DPK sudah menunjukkan, DPK tidak hanya tempat untuk membaca buku namun dengan menggunakan teknologi, arsip dan dokumen daerah bisa diakses secara digital, walaupun masih ada kendala tentang hak cipta terkait dokumen yang akan dipublik, tentunya harus berhati-hati karena harus sesuai peraturan perundang-undangan, "tukasnya.
Ibnu menambahkan, untuk rencana kedepan, masih ada poin strategis yang akan di laksanakan DPK yaitu, Ingin kerjasama dengan Kemenkumham untuk meberikan sudut baca bagi masyarakat di Lembaga Permasyarakatan, untuk itu kami Pemkab Muba akan siap mendukung rencana tersebut. "Kepada setiap kepala OPD, pesan dari Bupati bahwa Bupati, memberikan peluang kepada masing-masing kepala OPD untuk menyampaikan program-program strategis seperti ini demi kemajuan daerah untuk raih Muba Maju Berjaya, "imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muba selaku ketua pelaksana, Drs Yohanes Yubhar MM melaporkan, pelaksanaan uji coba ASIK yang bekerja sama dengan pihak CV Digital Fusi Palembang ini bertujuan memudahkan arsip diakses melalui berbagai macam device/alat, dokumen terarsip secara digital sehingga memudahkan untuk pencarian dan penelusuran, dapat terintegrasi dengan multi OPD dan meningkatkan citra positif bagi Kabupaten Muba di mata pemerintah dalam upaya menyelamatkan arsip.

"Selain itu, untuk kegiatan penandatangan kesepakatan bersama/MoU antara Kepolisian Resort Muba dengan DPK Kabupaten Muba tentang pelayanan perpustakaan keliling dan sirkulasi buku pada sudut baca Polres Muba memiliki maksud dan tujuan untuk membudayakan kegemaran membaca bagi masyarakat Muba, "jelasnya. (HUM)
Share To:

Post A Comment: