Infosekayu.com- Ada pohon kedondong tumbuh di pekarangan rumah? Jangan ditebang. Buah Kedondong dan daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Anda parti tahu dengan penyakit borok yang menjijikan dan membuat rontok kepercayaan diri penderitanya. Ternyata dauh buah Kedondong ini memiki khasiat untuk mengobati luka, termasuk luka borok.

Dikutip dari vemale.com, daun buah kedondong mengandung flavanoida, saponin dan tanin. Kandungan ini sangat berguna untuk mengobati luka borok. Bagaiaman cara memanfaatkannya? Mudah saja. Tumbuklah daun buah kedondong hingga halus, lalu usapkan pada luka anda.

Sebelum Anda usapkan pada luka anda, alangkah lebih baiknya bila cuci bersih luka anda untuk menghindari infeksi. Setelah diusapkan pada luka, diamkan selama kurang lebih satu jam lalu bilas dengan air bersih. Mudah bukan?

Sebagai tambahan pengetahuan, dalam esiklopedia bebas Wikipdia disebutkan, Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Tanaman ini dikenal pula dengan nama ambarella, hog plum, hevi (Filipina), mokah (Kamboja), gway (Myanmar), makak farang (Thailand).

Buah kedondong dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dijadikan selai. Buah ini memiliki biji tunggal yang berserabut. Daun dijadikan penyedap dalam pembuatan pepes ikan.Buah ini juga banyak mengandung vitamin C. Dalam 100 gr buah Kedondong, terkandung vitamin C sebanyak 30 mg. Manfaat vitamin C sendiri bagi tubuh, dapat berguna sebagai pencegah terjadinya pendarahan, mempercepat penyembuhan luka, sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, mencegah terjadinya sariawan atau infeksi, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan dan imunitas tubuh, baik untuk kesehatan tubuh.(im)
Share To:

redaksi

Post A Comment: