Infosekayu.com - Dalam sebuah penelitian yang dilakukan NHS,mengonsumsi nasi sisa sebenarnya bisa berakibat pada keracunan makanan.Dan sayangnya,tidak semua orang tahu ini.Penyebabnya bukan karena makanan yang dihangatkan,ataupun seberapa lama nasi disimpan.Ternyata beras yang belum dimasak mengandung sel yang mampu bereproduksi dengan cepat.Itu adalah spora bacillus cereus,sejenis untai bakteri yang menyebabkan keracunan makanan. Saat beras sudah menjadi nasi, bakteri itu bahkan masih hidup.

Jika nasi dibiarkan pada suhu ruangan tertentu,spora tersebut dapat dengan mudah tumbuh menjadi bakteri.Mereka akhirnya akan berkembang biak secara eksponensial dan menghasilkan racun yang bisa berakibat pada diare atau muntah.Semakin lama makanan dibiarkan pada suhu tersebut,semakin besar kemungkinan bakteri tumbuh.Hal itu yang membuat nasi sangat tidak aman untuk dikonsumsi.

Jadi,jika kamu berencana untuk memanaskan dan memakan nasi sisa keesokan harinya, sebaiknya simpan nasi tersebut dengan cara yang benar.(SE)
Share To:

Post A Comment: