Serasan Jaya, infosekayu.com - Guna tercapainya efektivitas dan efisiensi pekerjaan serta meningkatkan mutu hasil pekerjaan maupun pelayanan terhadap pihak lain, Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Kabupaten Musi banyuasin (Muba) gelar Sosialisasi dan Pengenalan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. 

Kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Serasan Sekate, Rabu (8/11) dan di buka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Muba, H Ibnu Saad SSos MSi. Dalam sambutannya, Ibnu menyampaikan bahwa sesuai arahan Kepala Organisasi bahwa perangkat daerah harus melaksanakan dan memelihara Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 yang sudah ada dan mengikuti perkembangan dimana terjadi pembaharuan ISO 9001 saat ini menjadi ISO 9001:2015. 

"Dengan kegiatan ini diharapkan Penerapan Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO dapat terus terpelihara dan mengikuti perkembangan standar ISO yang ada saat ini sehingga bagian organisasi dan tata laksana yang memiliki tugas mendukung aparatur di bidang pelayanan masyarakat dapat memberikan pelayanan yang terbaik dan menghasilkan sumber daya manusia yang handal dalam membangun pemerintahan yang bermutu di Indonesia," tukasnya.

Ibnu menambahkan, "Kami Pemkab Muba menginginkan agar seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi hari ini, perwakilan dari setiap dinas instansi agar memahami paparan dari tim NQA Surabaya dengan sungguh-sungguh dan mencermati dengan baik," tutupnya.

Sementara itu Direktur NQA Surabaya, Drs Achmad Setyahadi menjelaskan, Pengertian mutu menurut ISO 9001 ialah Derajat yang dicapai oleh karakteristik yang melekat dalam memenuhi persyaratan. Keseluruhan karakteristik suatu barang atau jasa yang berkaitan dengan kemampuannya dalam memenuhi persyaratan yang dinyatakan secara jelas (tersurat) maupun tersembunyi (tersirat).

"Bagaimana supaya bermutu tentunya harus ada sistem di dalam suatu organisasi , sistem disini yaitu suatu proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengukuran, peninjauan dan tindak lanjut. Karena mutu tidak timbul secara kebetulan," ujarnya.

Dijelaskannya, ISO 9001:2015 merupakan standar internasional yang berisi persyaratan sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk memastikan mutu dan meningkatkan kepuasan pelanggan agar tercapai tujuan organisasi. Dan Versi baru ISO 9001:2015 diterbitkan pada 23 September 2015.

Untuk informasi, NQA merupakan lembaga internasional di bidang sistem manajemen mutu yang melakukan audit terhadap rencana mutu, sasaran mutu, program kerja, dan laporan pencapaian sasaran mutu (LPSM) manajemen pemerintahan, swasta, dan lainnya. (humas)
Share To:

Post A Comment: