Infosekayu.com - Hari-hari terakhir menjelang hari H rasanya hectic banget, to-do-list menumpuk, banyak hal-hal kecil yang belum terselesaikan. Kondisi fisik saya pun sempat turun, badan meriang. Mama saya juga batuk-batuk, adik saya mulai flu. Waduh! Sesibuk-sibuknya mempersiapkan diri demi the wedding of our dreams, yang namanya kesehatan mutlak tetap perlu dijaga. Kalau enggak fit, bagaimana kita bisa menikmati setiap momen indah di hari pernikahan kita, ya kan? beberapa tips untuk menjaga kesehatan yang saya praktikkan di hari-hari menjelang pernikahan. Dan syukurlah, semuanya berhasil membantu saya tetap sehat selama hari H maupun sesudahnya. Yuk, disimak!

Tetap Pertahankan Jam Tidur yang Cukup

Sibuk mengurusi pernikahan terkadang memangkas jam tidur para calon pengantin, termasuk saya. Namun, satu minggu menjelang hari pernikahan, saya berusaha untuk tidur 7 hingga 8 jam sehari, dan menghindari begadang. Hal ini saya lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap fit, dan juga mencegah agar wajah tidak menjadi kusam dan berminyak karena letih habis begadang. Saya juga tidak lupa melalukan night beauty routine saya yang terdiri dari cuci muka, gosok gigi, menggunakan serum, dan krim malam, serta lip scrubbing.  

Jauhi Makanan yang Terlalu Pedas, Asam, dan Berminyak

Sebagai penggemar makanan yang pedas dan berminyak, menjelang hari pernikahan saya berusaha sekuat tenaga mengerem kegemaran saya tersebut. Bukan hanya demi menjaga agar bobot dan bentuk badan sesuai dengan ukuran kebaya yang sudah di-final fitting, tapi juga menjaga agar kondisi saluran pencernaan saya tetap terjaga. Maklum, kebanyakan makan yang pedas-pedas kadang membuat wasir saya kambuh. Demikian pula dengan makanan berasa asam yang mengganggu kondisi maag saya, serta makanan berminyak yang membuat suara sering serak. Daripada bikin sakit, lebih baik ditunda dulu!

Perbanyak Asupan Air Putih

Sama halnya dengan waktu tidur,kebutuhan cairan juga sering terpangkas akibat sibuknya para calon pengantin mempersiapkan the big day. Oleh karena itu, saya dan calon suami saya selalu membawa satu botol air mineral kemana-mana, termasuk saat wira-wiri pergi dari vendor satu ke vendor berikutnya saat mempersiapkan pernikahan. Saat kebutuhan cairan tercukupi, tubuh pasti akan terasa lebih segar dan tidak lemas!

Minum Multivitamin dan Suplemen

Untuk menjaga keseimbangan asupan gizi, selain banyak makan buah dan sayuran, saya juga mengonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet, terutama di minggu terakhir jelang hari H. Hal ini sebenarnya optional saja, namun saya pribadi merasa lebih ‘mantep’ kalau ada suplementasi vitamin dan mineral dari luar.

Kesehatan Mental Juga Perlu Dijaga!

Salah satu hal yang sering luput dari perhatian para calon pengantin adalah menjaga juga kesehatan mental! Masa-masa persiapan pernikahan kadang dipenuhi banyak drama, baik dengan calon pasangan maupun keluarga besar. Biasanya hal ini dipicu oleh adanya perbedaan pendapat, ataupun hal-hal teknis yang sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya ternyata tidak sesuai dengan harapan. 'Terapi’ tarik napas-hembuskan menjadi ‘senjata’ utama saya untuk tetap ‘waras’. Setiap kali saya menghadapi masalah yang cukup membuat jiwa ini bergejolak, saya selalu meluangkan diri beberapa menit untuk berdamai dengan masalah tersebut. Malam sebelum tidur, saya juga suka menyalakan batangan aromatherapy untuk lebih menenangkan jiwa saya. 

Pokoknya,mencoba agar selalu happy walaupun banyak pikiran dan masalah yang ada di depan mata. Jangan lupa, beauty comes from a healthy mind, lho! Semakin kita sehat secara jiwa, pasti kecantikan kita juga makin terpancar! Nah,itu tadi cara-cara yang saya lakukan untuk menjaga kesehatan jelang pernikahan! Tidur cukup, asupan gizi memadai, dan tak lupa perhatikan juga kesehatan mental. (se)
Share To:

Post A Comment: