SEKAYU, infosekayu.com  - Peningkatan pelayanan dan mutu di tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Muba patut diacungi jempol. Pasalnya, sejak satu bulan yang lalu tiga RSUD di Muba yakni diantaranya RSUD Sekayu, RSUD Bayung Lencir, dan RSUD Sungai Lilin resmi naik kelas tipe. Misalnya saja, RSUD Sekayu yang sebelumnya kelas tipe C menjadi B, RSUD Bayung Lencir dari tipe D ke C, dan RSUD Sungai Lilin dari tipe kelas D ke C. 

"Ini perjuangan yang tidak mudah, penilaian dan seleksi naik kelas tipe RSUD di Muba ini melewati tahapan yang sulit serta ketat dari pihak Kementerian Kesehatan RI," ujar Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin di sela Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (5/12) di Auditorium Pemkab Muba. Dikatakan, dengan resminya naik kelas tipe di tiga RSUD yang ada di Kabupaten Muba tersebut maka peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan di tiga RSUD tersebut diakui nasional. 

"Peningkatan kelas tipe RSUD ini semata-mata untuk pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya di Muba," terangnya. Tidak hanya peningkatan kelas tipe saja, lanjutnya, dirinya juga fokus menambah fasilitas sarana dan prasarana di RSUD yang ada di Muba. "Alhamdulillah saat ini RSUD Sekayu sudah memiliki alat CT Scan yang nantinya bisa melayani masyarakat Muba," urainya. Ia menambahkan, saat ini juga tiga RSUD yang ada di Muba resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang ke depan RSUD di Muba memiliki otoritas untuk kemajuan dan pengembangan RSUD. 

"Dengan menjadi BLUD, RSUD yang ada di Muba ini pelayanannya akan terus meningkat," kata Dodi. Dodi menjelaskan, saat ini RSUD milik Pemprov Sumsel memiliki kelas tipe B. "Jadi, kita harus bangga bisa sejajar dengan RSUD Provinsi, dan memiliki fasilitas yang lengkap," tukasnya. Dijelaskan, pelantikan pejabat di RSUD tersebut dilakukan karena melakukan penyesuaian RSUD yang naik kelas tipe dan sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku. 

"Ya, karena tiga RSUD yang ada di Muba ini kelas tipe nya mengalami peningkatan maka harus dilakukan pelantikan kepada pejabat yang ada di masing-masing RSUD," ulasnya. Tercatat ada sebanyak 14 pejabat yang dilakukan pelantikan oleh Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin diantaranya Eselon IVA 3 orang, Eselon IVB 6 orang dari RSUD Bayung Lencir dan Sungai Lilin, 2 orang Dokter dengan tugas tambahan yakni Kepala RSUD Bayung Lencir dan Sungai Lilin, 3 fungsional auditor di Inspektorat. (hum)
Share To:

redaksi

Post A Comment: