sekayu, Infosekayu.com - Teranyar dan up to date pada hari ini, dinilai sukses dalam mencegah dan meminimalisir kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta komitmen dengan pembangunan hijau berkelanjutan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) resmi ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang dijadwalkan pada Januari 2018 mendatang. Adapun delapan Kabupaten yang mensepakati deklarasi LKTL tersebut yaitu Kabupaten Rokan Hulu, Musi Banyuasin (Muba), Siak, Sigi, Labuan Batu Utara, Sintang, Sangau, dan Batanghari. 



"Kemungkinan pelaksanaan Munas LTKL nantinya akan dilaksanakan di Muba, dan Munas LTKL ini pertama dilaksanakan dan Muba dipercaya menjadi tuan rumah," ujar Juru Bicara LTKL yang juga Wakil Bupati Muba Beni Hernedi di sela Diskusi Lingkar Temu Kabupaten Lestari Kolaborasi Dengan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) IDH Sustainable Trade dan Tropical Forest Alliance 2020 (TFA 2020) di Hotel Arya Duta, Senin (4/12). 

Dijelaskan, ada lima pokok pembahasan yang akan dibahas dalam pelaksanaan Munas LTKL 2018 mendatang yakni diantaranya mengakomodir kebutuhan anggota, komunikasi berkelanjutan, siap mencegah karhutla, dan konservasi energi. "Nanti juga peserta Munas LTKL 2018 akan visit Kabupaten Muba untuk meninjau program kerja nyata Muba dalam mewujudkan pembangunan hijau berkelanjutan dan menekan emisi," tuturnya. 

 Lanjutnya, salah satu komitmen kerja LKTL yaitu mendorong percepatan pembangunan Kabupaten secara berkelanjutan. "Pembangunan yang menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan dengan fokus pada tata kelola lahan baik di dalam dan antar Kabupaten dengan target efisiensi pendapatan daerah, pengentasan kemiskinan dan kesiapan menuju penurunan laju deforestasi,"Jelasnya. (Mawar/bmub)
Share To:

Post A Comment: