Palembang, InfoSekayu.com- Dua sekolah SMA favorit di Palembang mulai menerapkan kurikullum cambridge atas instruksi dari Kepala Dinas Pendidikan Sumsel. Hal ini dilakukan agar lulusan SMA/SMK di Sumsel berdaya saing internasional

Dalam penerapan Kurikulum Cambridge jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), dua sekolah di Kota Palembang diwajibkan membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 lebih awal yakni pada 11-13 Januari 2018
“Akan kita sosialisasikan kepada masyarakat mengenai nilai plusnya siswa Sumsel belajar kurikulum tersebut. Salah satunya bisa dapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri yang berafiliasi dengan Cambridge, termasuk Oxford,” ujar Widodo, Minggu (7/1/2018)

Sampai hari ini, diakui Widodo, baru ada dua tambahan sekolah yang menerapkan Kurikulum Cambridge selain SMAN Sumsel dan SMA IGS Palembag. “Yang lain diagendakan tahun depan,” ujarnya.
Sebelumnya Widodo mengatakan, tantangan utama dalam pengimplementasian kurikulum Cambridge ini sendiri terletak pada dana operasionalnya yang tidak termasuk dalam pos anggaran Program Sekolah Gratis (PSG) maupun Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sehingga orangtua dan pihak sekolah harus bisa secara mandiri mengelola dan membayar biaya operasionalnya.
Maka dari itu, program ini diprioritaskan kepada siswa berprestasi yang berkecukupan secara finansial. Sementara bagi yang pra sejahtera juga akan disiapkan slot khusus. “Diperkirakan per bulan tiap siswanya harus mengeluarkan dana senilai Rp1,4 juta yang juga sudah termasuk biaya buku, modul paket, pelatihan dan lain sebagainya. Dan yang mahal itu bukunya,” pungkasnya.
(Edp)

Share To:

redaksi

Post A Comment: