Infosekayu.com - Toilet di Star Camp Ipukan di areal Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan berada di Desa Cisantana,Kecamatan Cigugur,Kabupaten Kuningan, didesain unik.Biasanya toilet dibangun tertutup,di Star Camp Ipukan sengaja dibangun toilet yang satu sisinya terbuka.


"Sengaja dibuat seperti itu untuk memberikan sensasi mandi atau buang air di alam terbuka,"kata Yusa Saeful Arasy (32), pengelola Star Camp Ipukan,di Buper Ipukan Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Sabtu (3/2/2018).

Ada tiga bilik toilet setinggi kira-kira 2 meter berjejer di satu sudut Star Camp Ipukan. Toilet itu berdinding kayu dan atapnya terbuat dari tumpukan jerami kering Satu sisi toilet yang menghadap ke Bukit Cilengkrang hanya dipasangi tembok kayu setinggi kira-kira 1 meter.

Bentuknya mirip jendela besar dan menghadap langsung ke arah Bukit Cilengkrang. Di toilet itu terdapat kloset duduk dan shower.Selain itu,terdapat rak kecil untuk menyimpan peralatan mandi.Ada juga gantungan baju yang terdapat di balik pintu toilet.Toilet itupun terasa sangat nyaman, bersih, dan wangi.

Mencoba toilet di Star Camp Ipukan saat pagi hari menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung.Pasalnya, pengunjung harus siap melawan hawa dingin dan air yang juga terasa dingin.Terlebih suhu udara di Star Camp Ipukan rata-rata mencapai 14 derajat celcius karena berada di ketinggian 1.200 mdpl.(ls)
Share To:

redaksi

Post A Comment: