Peletakan batu pertama oleh Menteri Puan Maharani


Balai Agung, infosekayu.com- Musi Banyuasin kehadiran dua menteri sekaligus, yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia da Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan juga menteri pendidikan dan kebudayaan Republik indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendi. Selain menghadiri Seminar Peran Guru dalam pembangunan karakter bangsa di stable berkuda sekayu, kedua menteri tersebut melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan SMK Pertanian Muba Maju Berjaya yang terintegrasi dengan Politeknik Sekayu.

SMK Pertanian "MUBA MAJU BERJAYA"

Rencananya pembangunan SMK Pertanian yang terintegrasi dengan Politeknik Sekayu ini untuk menyongsong program hilirisasi hasil perkebunan Musi Banyuasin kedepan. Seperti yang disampaikan Beni Hernedi, wakil bupati Musi Banyuasin kepada infosekayu.com Senin (05/02).


“Dalam rangka persiapan menyongsong hilirisasi hasil perkebunan Muba, harus juga ditopang dengan penyediaan SDM ahli di bidang perkebunan,” ujarnya.
Ditambahkan Beni, ada ratusan ribu hektar kebun sawit dan industri sawit, bahkan Bapak Presiden RI sudah meresmikan program replanting di Musi Banyuasin. Tapi permasalahannya kita belum ada sekolah yang mencetak Sumber Daya Manusia di bidang perkebunan.



“Kita ingin agar putra-putri muba, menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri. Nanti juga Poltek Sekayu akan membuka jurusan kelapa sawit. Jadi istilahnya, SMK mencetak mandor dan pengawas, Poltek mencetak SDM di level manajer,” imbuh Wakil Bupati Muba ini.


Masih kata Beni, bahwa Ia dan Bupati Muba (Dodi reza – red) juga sedang menyiapkan rencana pembangunan kawasan industri pengolahan hasil perkebunan ke depan, supaya investasi bidang perkebunan Muba akan bergerak menuju bahan jadi tidak lagi bahan mentah saja. Dengan demikian bisa membuka perluasan serapan tenaga kerja.
“Untuk melakukan rangkai rencana ini, tentu harus melibatkan banyak pihak, tolong kitek galek-galek ciptakan iklim yang baik terutama keamanan dan kepastian investasi di Muba. Mudah-mudahan bisa berjalan, aamin,” pungkasnya. (Edp)












Share To:

Post A Comment: