INFOSEKAYU.COM-  Dalam penggelaran Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2017 bertempat diruang Auditorium Pemkab Muba, Kamis (24/3/2016). Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Muba Drs HM Yusuf menyebutkan tujuan diadakan forum Musrenbang yaitu, sebagai media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku pembangunan Kabupaten Muba untuk memperoleh masukan guna penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2019, dan menetapkan program prioritas serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program yang tertuang pada RPJMD.
"Perlu saya laporkan sistem penganggaran kabupaten Muba dengan memakai money follow program dengan tujuan agar perencanaan lebih holistik, skematik dan terintegrasi sehingga kita bisa kembali mengesahkan APBD tercepat se-Indonesia", disampaikan Yusuf.


Kasubdit perencanaan dan evaluasi wilayah I Kemendagri RI Ir Suprayitno MA, mengapresiasi Pemkab Muba yang telah bergerak maju dalam pembangunan tidak hanya mengandalkan APBD tetapi berinovasi dengan mencari sumber-sumber dana dari pusat yakni melakukan pinjaman ke PT SMI.
"Pembangunan di Muba harus 'ter-link' dengan program provinsi dan pusat agar bisa berjalan dengan baik serta tetap bisa mengakses dana-dana pendukung pembangunan", himbaunya

Sementara itu, Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi mengatakan forum Musrenbang ini adalah kegiatan penting karena merupakan tahapan perencanaan pembangunan kedepan dalam rangka mendorong pencapaian dalam visi misi, target dan sasaran yang ditetapkan dalam Muba Maju Berjaya 2022.
"Saat ini rencana yang kita susun memasuki tahun ke-3 pelaksanaan visi misi tersebut, untuk itu kepada TAPD agar sangat selektif dalam memilih program yang benar-benar berpengaruh signifikan terhadap capaian sasaran sesuai dengan RPJMD dan berupaya semaksimal mungkin untuk mencari sumber pembiayaan lain", himbaunya

Ditambahkannya, arah pembangunan tahun 2019 pemerintah kabupaten Musi Banyuasin memfokuskan pada peningkatan produktivitas sektor unggulan berbasis inovasi dan teknologi dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan melalui hilirisasi, kelembagaan keuangan didesa dan peningkatan infrastruktur.
Diakhir acara dilaksanakan paparan dari perwakilan OPD serta penandatanganan berita acara hasil Musrenbang RKPD tahun 2019 secara simbolis oleh DPRD Muba, Polres Muba, Sekda Muba, perbankan Muba, TP-PKK Muba, tokoh masyarakat, perguruan tinggi Muba dan Plt Bupati Muba. (Edp)


Share To:

redaksi

Post A Comment: