INFOSEKAYU.COM- Viral di media sosial Facebook dan Instagram netizen mengeluhkan warna uang desain baru atau uang tahun emisi 2016 pecahan Rp 2.000 dan Rp 20.000 yang memiliki kemiripan warna.

Dalam sebuah unggahan di akun Facebook Backpacker Nusantara, Fajar Sulistiadi menuliskan keluhan akibat kemiripan warna uang tersebut, banyak orang yang salah dalam membayar atau salah mendapatkan uang kembalian.

"Tolong dong pemerintah dua pecahan uang ini diganti/diperbaiki model coraknya. Krn sudah tak terhitung byknya korban 'salah kembalian'; utamanya pelaku ekonomi lapisan bawah," tulis akun tersebut, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

"Spt yg barusan terjadi : beli tahu bungkus (di seorang penjual wanita-tua) harganya 7rb, dikasih uang 10rb, kok di kembalian 21rb?" bunyi akun lainnya.

Banyak warganet yang berkomentar dan menyebutkan mengalami kejadian serupa. Seperti akun Rikha Yulia Sari yang sulit membedakan uang pecahan Rp 2.000 dan Rp 20.000.

"Gak perlu orang tua, kita masih muda aja sering susah buat bedain nya. Apa gak ada ide lain pas buat uang? Uang keluaran baru warna nya ngebosenin banget," kata Rikha.

Kemudian akun Titi Royadi juga ikut mengomentari terkait sulitnya membedakan pecahan kedua uang tersebut.

"Kasian orang jualan yg keliling atau di pasar biasanya yg sudah tua banget itu suka keliru ngembaliin kasian untung nya nggak seberapa salah dalam kembalian," tulis Titi.

Sementara itu aku El-aziz Nasheery mengungkapkan bahwa sudah ada perbedaan di antara uang tersebut.

"Itu udah jelas banget perbedaannya, warnanya pun kontras banget, tinggal teliti atau tidak aja," tulis El-aziz.

"Uang US dollar juga mirip2 semua warna nya. dr pecahan $1 - $100, tapi emang gambar orangnya yang jelas keliatan beda," tulis Denny Adhitia.
(Edp)

Share To:

Post A Comment: