Sekayu, infosekayu.com - mewujudkan generasi muda yang mampu bersaing di era globalisasi Menuju Muba Berjaya Tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Kamis (22/03) di Aula DPK Muba menyelenggarakan  lomba bercerita dan pidato berbahasa inÄ£gris.

Lomba dengan mengusung tema “Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Daerah dan Mewujudkan Generasi Yang Mampu Bersaing di era Globalisasi Menuju Muba Berjaya Tahun 2022” tersebut diikuti oleh siswa-siswi jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Muba.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala DPK Muba Yohanes Yubhar, MM., bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut selain sebagai ajang lomba yang membangun kreativitas generasi muda, lomba ini juga sebagai program peningkatan minat budaya baca masyarakat.

"Lomba ini dalam rangka mengaplikasikan program peningkatkan budaya baca masyarakat untuk itulah lomba ini diselenggarakan. Dan perlu kami sampaikan ada 30 peserta untuk lomba Bercerita yang masing-masing berasal dari siswa Sekolah Dasar (SD)  dan untuk peserta lomba pidato Bahasa Inggris ada 30 orang siswa dari jenjang SLTA dalam Kabupaten Musi Banyuasin,"jelas Yohanes.

Dijelaskannya juga bahwa kegiatan lomba tersebut diselenggarakan setiap tahun yang merupakan motivasi bagi anak didik dalam membudayaan kegemaran membaca sehingga meningkatkan wawasan mereka, 

“Kami telah menyiapkan trophy dan uang pembinaan untuk juara 1 mendapatkan Rp 1.250.000, juara 2 mendapatkan trophy dan uang tunai sebesar Rp. 1 Juta dan juara 3 sebesar Rp 7.50.000. Dan  juara terbaik pertama Lomba bercerita akan mewakili Kabupaten Muba untuk mengikuti Lomba ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan,”ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya, Plt Bupati Muba dalam hal ini diwakili oleh Asisten 3 H. Ibnu Saad mengapresiasikan kegiatan yang diselenggarakan oleh DPK Muba tersebut.

Ibnu juga dalam sambutanya menyarankan kepada pihak terkait untuk melakukan kunjungan kedinas-dinas dan tempat objek wisata lainnya agar anak- anak Muda tersebut mengenal budaya-budaya yang ada di wilayah Muba. 

"Kegiatan lomba yang kita laksanakan sekarang adalah salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar dan meningkatkan kecintaan terhadap budaya daerah serta meningkatkan intelegensi pelajar dalam rangka menghadapi persaingan global,"terangnya.

Acara tersebut menghadirkan dewan juri pendogeng nasional asal palembang Inuk Slamet Nugroho,dewan juri bahasa inggris Ahmad Kartiko Buwono, SE.,M.M., dari dinas Kominfo dan Tim al. Indra maryani, Mastanti, Mpd, Laksamana Firdaus. (iz)
Share To:

Post A Comment: