INFOSEKAYU.COM- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi didampingi ketua DPRD Muba bersama Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin, 16 Bupati/Walikota Kabupaten/kota dan ketua DPRD se Sumsel berkomitmen memberantas korupsi di daerah masing-masing.

Komitmen tersebut ditegaskan dengan penandatanganan nota Komitmen Bersama program Pemberantasan Korupsi terintegrasi di depan Wakil Ketua KPK-RI Saut Situmorang dalam acara Rapat Koordinasi dan supervisi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Sumsel bertempat di Griya Agung Palembang, Rabu (04/04/2018).

Wakil ketua KPK-RI Saut Situmorang dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai upaya KPK untuk terus memaksimalkan program pencegahan korupsi yang membutuhkan komitmen kuat dari semua pihak termasuk Pemeritah daerah.
"Pemerintah daerah dan penyelenggara negara di Sumsel harus meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih, bebas dari KKN, transparan dan akuntabel", ujarnya

Lanjutnya, beberapa bidang yang menjadi perhatian KPK dalam upaya pencegahan korupsi antara lain perbaikan sistem tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, pelaporan harta kekayaan pejabat publik, pengelolaan pelaporan gratifikasi, penanaman nilai-nilai antikorupsi melalui pendidikan dan kampanye serta melakukan kajian dan studi untuk memonitor sistem administrasi negara.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang menjadi penyakit  moral, akhlak dan  praktek tradisi yang berkelanjutan sehingga pemberantasan korupsi perlu pendekatan yang Komprehensif. Untuk itu perlu upaya pencegahan melalui identifikasi awal terhadap sektor-sektor strategis yang rawan korupsi.
"Provinsi Sumsel telah mempresentasikan ke KPK-RI berbagai permasalahan yang dihadapi, kebijakan, program dan aksi pencegahan korupsi yang telah, sedang dan akan dilaksanakan Pemprov Sumsel", ujarnya.

Kunci utama keberhasilan pencegahan dan pembenahan tata kelola di Pemeritah daerah adalah komitmen bersama seluruh stakeholder bukan hanya kepala daerah namun didukung oleh DPRD guna mendorong pembenahan tata kelola pemerintahan secara konsisten dan komprehensif", lanjutnya

Plt Bupati Muba Beni Hernedi usai penandatanganan komitmen bersama mengatakan Pemkab Muba terus konsisten memberantas korupsi di semua tingkatan melalui penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang baik, bersih, transparan, akuntabel, dan profesional, serta pengelolaan keuangan daerah secara efisien dan efektif. 
"Dengan komitmen bersama program Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Provinsi Sumatera Selatan diharapkan dapat mendukung tata kelola pemerintahan yang bersih," harapnya. (Edp)





Share To:

Post A Comment: