ilustrasi
infosekayu.com - Beberapa hari ini, kasus penipuan umrah marak terjadi di Indonesia. Tentu kamu masih ingat kasus penipuan agen travel umrah First Travel? Ya, biro perjalanan umrah milik desainer Anniesa Hasibuan itu menjadi buah bibir lantaran menipu ribuan jamaah.
Kini yang paling baru kasus penipuan yang dilakukan oleh biro perjalanan umrah Abu Tour. Biro perjalanan ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia. Pemilik Abu Tour, Hamzah Mamba akhirnya ditetapkan sebagai tersangka karena telah terbukti menipu ribuan jamaah.
Diketahui pula, dalam kasus biro perjalanan umrah First Travel dan Abu Tour memiliki kesamaan. Keduanya menggunakan uang jamaah untuk umrah yang malah dihabiskan untuk membeli barang mewah.
Selain itu pula, kasus penipuan umrah ini kebanyakan memberi tarif promo untuk menarik jamaah. Ya, mereka berani memberikan tarif umrah yang sangat miring mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 15 juta.
Padahal, dari Kementerian Agama sudah mematok harga minimal untuk berangkat umrah. Tarif umrah minimal yang wajar dari Kementerian Agama diketahui sebesar Rp 20 juta.
dikutip Brilio.net berkesempatan untuk menghubungi salah satu pegawai dari biro perjalanan umrah milik ustaz kondang Ahmad Alhabsyi. Biro perjalanan bernama Alsha Tours itu juga memberikan paket promo untuk para jamaah yang ingin berangkat umrah.
"Alsha Tours ada paket umroh promo saat ini. Yang paling murah paketannya Rp 18,5 juta sedangkan yang paling mahal Rp 22 juta. Itu belum biaya perlengkapan dan handling senilai Rp 1,2 juta," jelas Asni salah satu pegawai Alsha Tours saat dihubungi brilio.net, Rabu (11/4).
Disinggung soal tarif umrah yang ditentukan oleh Kementerian Agama, Asni menjelaskan pula bahwa batasannya Rp 20 juta. Wanita ini juga menjelaskan mengapa ada promo di bawah tarif yang sudah ditentukan oleh pemerintah.
"Kalau dari Kemenag, tarifnya ditentukan Rp 20 juta. Sementara, Alsha Tours memang memiliki promo paling murah Rp 18,5 juta, tetapi itu belum termasuk biaya perlengkapan dan handling yang jika ditotal bisa lebih dari Rp 20 juta Mbak," tambah Asni.
Soal pelayanan, biro perjalanan umrah yang berlokasi di Jakarta Timur ini turut menjelaskan pula perbedaan pada tiap tarif umrah yang ditawarkan. Asni menuturkan perbedaan tarif umrah itu hanya dibedakan pada pelayanan berupa pesawat yang digunakan serta hotel.
Tak berbeda, As-Shofa Tours & Travel, biro perjalanan di Yogyakarta turut memberikan paket umrah dengan berbagai promo.
"As-Shofa memberikan tarif umrah berkisar Rp 23,3 juta sementara ini. Dan juga untuk saat ini, kita sedang ada promo menggunakan pesawat Garuda di bulan November senilai Rp 21,8 juta," ungkap Pegawai As-Shofa Tours & Travel, Bondan.
Soal pelayanan, As-Shofa turut menjelaskan perbedaannya pada tiap tarif umrah yang ditawarkan. Bondan menuturkan bahwa perbedaan tarif umrah itu hanya dibedakan pada pesawat yang digunakan serta hotel dan lokasinya dari tempat ibadah.
Dari kedua biro perjalanan umrah yang berbeda lokasi ini, diketahui bahwa setiap promo yang ditawarkan jika ditotal dengan berbagai biaya tambahan jatuhnya lebih dari tarif yang ditetapkan oleh Kementerian Agama yakni Rp 20 juta. (iz)
Share To:

Post A Comment: