Kaltim, Infosekayu.com-Jambore Nasional III Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) yang diselenggarakan di Kec. Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur pada tanggal 18-21 April 2018 dihadiri oleh sepasang pemuda-pemudi Adat dari Kabupaten Musi Banyuasin.

Jambore ini merupakan jambore pemuda adat yang ke III, dimana harapannya pemuda-pemudi adat yang mewakili daerahnya masing-masing dapat mengenal lebih banyak lagi keragaman suku, adat dan budaya Indonesia. Tidak hanya itu, harapannya kedepan BPAN dapat membentuk kader-kader baru pelindung bagi masyarakat adat di Indonesia. Peserta dari Muba tersebut adalah Oktapianus PW dan Haima Maileni yang berkesempatan mengenalkan adat dan Budaya lokal di Kalimantan Timur. Menurut Oktapianus, seharusnya kami dari Muba ini berangkat bertiga, namun peserta yang satunya, Herdoni Syafriansyah berhalangan karena sakit.

Kegiatan Jambore BPAN ini dibuka oleh Rukka Sombolinggi selaku Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Nasional, Bupati Kabupaten Paser (diwakili Sekda), Camat Muara Samu, dengan memukul gong sebagai pertanda dibukanya kegiatan.
Pembukaan kegiatan ini diisi dengan ritual, Tabe-tabe untuk Muser, Tanah Adat untuk Kehidupan, Tarian dari suku Dayak dan tarian dari pemuda adat Sulawesi Utara (Manado).
Setelah pembukaan peserta JAMNAS dilanjutkan dengan beberapa kegiatan seminar atau serasehan, dengan beberapa diskusi dan kegiatan tanya jawab antara peserta dan Narasumber.
Selama enam hari berada di Kalimantan Timur, mereka akan terus belajar dan berbagi wawasan serta pertunjukan mengenai adat, seni dan budaya Indonesia.
Salah satu peserta perwakilan Muba Haima Maileni mengatakan bahwa mereka akan berkomitmen mengharumkan nama Provinsi Sumsel melalui pengenalan adat dan budaya lokal Kabupaten Musi Banyuasin. 

''Kami merasa sangat bangga mendapat kesempatan mewakili Sumsel bersama 4 orang pemuda Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel untuk menghadiri kegiatan ini dan tak lupa mereka pun mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Plt. Bupati Muba, Beni Hernedi, S. IP dan Pak Sodingun, SH anggota DPRD Muba yang telah mendukung keberangkatan mereka baik secara moriil maupun materiil.(im)
Share To:

Post A Comment: