INFOSEKAYU.COM -  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang unggul, maju, dan sejahtera. PKK sebagai mitra pemerintah, berkontribusi besar terhadap pemberdayaan masyarakat khususnya keluarga.
 

“PKK adalah mitra pemerintah yang menjadi garda terdepan dalam pembangunan dan pemberdayaan keluarga dan masyarakat menuju Muba yang unggul, maju, dan sejahtera,” kata Plt Bupati Muba, Beni Hernedi dalam sambutannya saat pelantikan ketua dan pengurus TP PKK desa/kelurahan dan kecamatan dalam Kecamatan Bayung Lencir di Halaman Kantor Camat Bayung lencir, Kamis (26/4/2018).

Beni mengingatkan, pelaksanaan pelantikan PKK harus dimaknai sebagai forum yang sarat makna bagi gerakan PKK, sekaligus sebagai titik tolak dimulainya era akselerasi program-program PKK yang ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

“Perpres ini merupakan bukti bahwa pemerintah memberikan perhatian dan penghargaan atas kirpah PKK,” ujar Plt Bupati.

Lebih lanjut Beni berpesan kepada seluruh jajaran pengurus Tim Penggerak (TP) PKK untuk menyusun program kerja yang fokus, terukur, terarah, dan bersinergi dengan program pemerintah daerah dan stakeholder lainnya. Pengurus PKK secara berjenjang juga harus menunjukkan akuntabilitasnya dan melakukan pelaporan secara tepat waktu sesuai dengan amanah Perpres 99 tersebut.

Sementara itu, usai melantik ketua dan pengurus TP PKK desa dan kecamatan, Plt Ketua TP PKK mengatakan, agar pengurus dapat memahami program-program PKK tersebut agar terlaksana sesuai pokja-pokjanya. Bagi yang baru menjadi Ketua PKK harus mempelajari 10 program Pokok PKK tersebut dan disejalankan dengan program-program Pemerintah. 

"Tujuan PKK adalah Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Jadi sasaran kita adalah keluarga kita sendiri, kemudian anggota, dan masyarakat sehingga tercipta ketahanan keluarga yang tangguh, "ujarnya.

Susy menghimbau agar pengurus dan anggota memahami makna yang hakiki tentang peran PKK sebagai mitra kerja pemerintah, artinya adanya kesetaraan dan saling membutuhkan. 
 

"berdayakan PKK pada setiap daerah, manfaatkan potensi SDM dan SDA yang ada sebagai potensi yang dapat diberdayagunakan dalam program PKK sehingga sejalan dengan kerja pemerintah yang berbasis, PKK dituntut untuk menyelaraskan program kerja pemerintah, kesehatan dan pendidikan masyarakat, "tutupnya. /red/
 
Share To:

Post A Comment: