Sekayu, Infosekayu.com- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar pucak peringatan hari Kartini ke-139 tahun 2018, di Opp Room Pemkab Muba, Senin Malam (23/4/2018). Dalam acara tersebut Plt Bupati Muba Beni Hernedi diwakili Asisten I Setda Muba H Rusli SP MM mengatakan, Pemkab Muba berkomitmen atas pemenuhan hak-hak dan perlindungan perempuan dan hak-hak anak, dengan membentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD).

"Dengan telah dibentuknya KPAD yang juga sejalan dengan program Nasional kita dorong peran perempuan dalam pembangunan dan politik," ujar Rusli.
Lanjut Rusli hal tersebut merupakan cita-cita dan harapan Ibu Kartini untuk menjadikan perempuan Indonesia maju mandiri yang hadir dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada acara yang diselenggarakan kerjasama antara Dinas Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Muba bersama TP PKK Muba, dan Dharma Wanita ini, Asisten I Setda Muba didampingi Plt Ketua TP PKK Muba Susi Imelda Beni, Ketua DWP Muba Hj Asna Apriyadi, Ketua DPRD Muba Abusari Burhan, serta Kepolres Muba AKBP Andes Purwati menyerahkan penghargaan kepada kartini-kartini yang ada di Bumi Serasan Sekate dengan berbagai gelar.

Berikut nama-nama yang menerima penghargaan, untuk gelar Ibu Hebat atau Kartini masa kini, diberikan kepada ibu-ibu asal dari kecamatan dalam Kabupaten Muba yakni, Paipa Nurhayan Kecamatan Lawang Wetan, Elysma Sungai Lilin, Dewi Krisnawati Sekayu, Suyanti Lais, Nuraini Sungai Keruh, Juriyah Bayung Lencir, Parikem dari Lalan, Marnak Jirak Jaya,Ema Yulina Tungkal Jaya, Norhayati Sanga Desa, Peronica Plakat Tinggi, Suwati Batng Hari Lko, Khairina Atika Keluang, Euis Mudiah Endang Babat Toman, dan Wati dari Kecamatan Babat Supat.

Wanita inspiratif TP PKK Muba, Hj Halimah Rusli dan Herliyani Yusuf, dari DWP Muba Alies Suandi, dan Lismawati. Kemudian wanita inspiratif Ibu Sutini guru mengaji asal Desa Lumpatan II Kecamatan Sekayu, Sutini (61)  merupakan guru mengaji dan tidak memungut biaya dalam mengajar.

Selain itu dilakukan juga penyerahan hadiah kepada para juara lomba senjang dan melukis yang merupakan rangkaian acara peringatan hari kartini yang telah dilaksanakan pada hari-hari sebelumnya.

Lomba melukis, juara I Daisy Erik Endartono, juara II Dwi Andayani, juara III Romasari Purba. Juara I Senjang Maryunani dan Rika Agustina, Juara II Susriaty dan Yetria dan juara III Misieri Sahban dan Hasbaia. (Edp)



Share To:

redaksi

Post A Comment: