INFOSEKAYU.COM - Sesuai dengan program pemerintah pusat, pentingnya pola hidup sehat bagi masyarakat, turut menjadi perhatian Pemkab Muba. Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Susy Imelda Beni Hernedi didampingi Kepala Dinas Kesehatan resmikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko, Senin (14/5/2018).


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, dr Taufik Rusydi MKes menjelasakan, Posbindu PTM merupakan salah satu upaya kesehatan berbaris masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam rangka deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik, yang mana tujuannya adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.

Menurut Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muba, Susy Imelda Beni Hernedi dalam sambutannya mengatakan, Pemberdayaan Masyarakat merupakan subjek sekaligus objek dari sistem kesehatan.
Dalam dimensi kesehatan, pemberdayaan merupakan proses yang dilakukan oleh masyarakat dengan atau tanpa campur tangan pihak luar untuk memperbaiki kondisi lingkungan, sanitasi dan aspek lainnya secara angsung maupun tidak langsung berpengaruh dalam kesehatan masyarakat.


"Pembangunan sektor kesehatan di Indonesia saat ini lebih dititik promotif dan preventif atau (upaya pencegahan), promosi kesehatan bukan berfokus pada pengobatan dan rehabilitas, salah satu upaya pemerintah dalam pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) yang bersifat promotif dan preventif adalah dengan membentuk Posbindu PTM, oleh karena itu kepada masyarakat setempat manfaatkan keberadaan Posbindu ini, serta melaksanakan program Germas di setiap harinya, "imbuhnya.

Sementara itu, dalam laporan Camat Batanghari Leko, Mawardi Ndang mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan unit penelitian dan pengabdian masyarakat Akademi Keperawatan Muba, telah mendirikan Posbindu PTM dan resmikan program Germas.


"Sudah banyak penelitian kesehatan yang dilakukan di Desa Tanah Abang ini, masyarakat sangat antusias dibuktikan dengan pelatihan dan pembinaan kader kesehatan, serta warga sangat aktif bertanya dan diskusi saat pembinaan, keberadaan Posbindu ini sangat baik dan bertujuan untuk mencegah penyakit tidak menular, diharapkan program ini dapat secara terus menerus dilaksanakan, sehingga meningkatkan derajat kesehatan untuk masyarakat setempat," tuturnya. /red/

 
Share To:

redaksi

Post A Comment: