Infosekayu.com- Berbeda dengan tahun sebelumnya shalat Ied yang biasa dipusatkan di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, tahun ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengadakan shalat ied di dua tempat, lokasi pertama Plt Bupati Muba, Beni Hernedi bakal shalat di Masjid Jami' Desa Bailangu dan lokasi kedua Sekda Muba, Drs H Apriyadi MSi direncanakan shalat di Masjid Raya Baitul Makmur Kecamatan Sekayu.

Keputusan tersebut merupakan hasil kesepakatan pada rapat pembahasan persiapan pelaksanaan Peringatan Nuzulul Qur’an dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M, yang dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba, H Rusli SP MM, di ruang rapat randik, Rabu (30/5/2018).

Menurut laporan Kabag Kesra Setda Muba, Drs H Muhammad Jaya MSi menjelaskan bahwa perlunya persiapan ini dilaksanakan jauh jauh hari agar disaat pelaksanaan rangkaian acara peringatan nuzulul qur'an, takbiran dan shalat idul fitri 1439 H berjalan dengan baik, karena pelaksanaan masing-masing ada dua lokasi berbeda tahun sebelumnya. 

"Sesuai dengan permintaan Plt Bupati Muba, direncanakan peringatan nuzulul qur'an pada tanggal 4 Juni 2018, bertepatan safari ramadhan yang bertempat di Desa Muara Berlian Kecamatan Bayung Lencir. Kemudian tanggal 2 Juni 2018 peringatan nuzulul quran juga dilaksanakan di Desa Bumi Ayu Kecamatan Lawang Wetan yang akan dihadiri oleh Sekda Muba, "jelasnya.

Lanjutnya, untuk lokasi pelepasan malam takbiran direncanakan di sepanjang Jalan Kolonel Wahid Udin, start jalan depan Rumah Dinas Bupati Muba dengan route finish kembali lagi ke depan Rumah Dinas Bupati Muba.

Asisten I menghimbau agar kepanitiaan yang telah disusun agar benar- benar melaksanakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dan  kepada masing-masing OPD agar mengirimkan peserta untuk turut meramaikan peringatan nuzulul qur'an, malam takbiran, dan pelaksanaan shalat idul fitri nanti.

"Perlu diingatkan, agar pelaksanaan nuzulul qur'an dan shalat idul fitri yang dilaksnaakan di daerah serta malam takbiran dapat berjalan dengan baik, perlunya pengaman dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, "imbuhnya.

Ia juga meminta kepada pihak Polres Muba perlunya penataan lalu lintas arus mudik dan balik, yang tertib dibantu oleh Dishub, dan Satpol PP serta porsenil Dinkes yang stanby bila terjadi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Dalam pertemuan rapat ini dibicarakan susunan perangkat petugas yang akan melaksanakan rangkaian kegiatan pelaksanaan idul fitri 1439 H dimulai dari takbiran hingga shalat idul fitri. (Edp)


Share To:

Post A Comment: