Serasan Jaya, infosekayu.com - Kunjungan mendadak dilakukan oleh 3 (tiga) anggota Perwakilan Ombudsman Provinsi Sumatera Selatan (Ombudsman Sumsel), tanpa pemberitahuan sebelumnya daerah dan lokasi pertama kunjungan kerja dilakukan ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Musi Banyuasin (DPMPTSP Kab. Muba), selasa (22/05).

3 (Tiga) Orang anggota Tim Perwakilan Ombudsman Sumsel antara lain Rahadian Vishnu Kumoro, Agung Pratama, dan Lailatul Fitri (Asisten Ombudsman RI Perwakilan Sumsel) diterima langsung oleh petugas yang biasa bertugas menyambut tamu, sesuai prosedur tetap yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kab. Muba, seperti biasa petugas dengan melakukan tegur sapa, salam, salaman dan senyum (4 S) menanyakan keperluan ketiga anggota tersebut, sambil melihat kondisi pelayanan yang dilakukan petugas Pelayanan Front Office (FO) akhirnya diterima langsung oleh Kepala DPMPTSP Kab. Muba (Erdian Syahri, S.Sos, M.Si) diruang kerjanya.

Pertemuan diruang kerja kepala DPMPTSP, Erdian Syahri menyampaikan Selamat Datang dan Terkejut sekaligus mengucapkan terimakasih atas kunjungan anggota perwakilan Sumsel, kami mohon maaf atas ketidaktahuan kunjungan anggota ombudsman sumsel.

"Kami dari Ombudsman menilai dengan adanya kunjungan tanpa pemberitahuan sebelumnya ini, kami dapat membuktikan bahwa memang benar standar pelayanan berjalan sesuai dengan prosedur dan memang Kemenpan & RB RI sudah tepat memberikan penghargaan sebagai Role Model Pelayanan Kabupaten Terbaik di Indonesia  dan tanpa rekayasa mulai dari petugas penerima, petugas FO, petugas penerima pengaduan , kondisi prosedur petugas dalam melayani masyarakat, standar pelayanan tempat duduk, parkir, hingga fasilitas pendukung pelayanan online yang sudah dapat diakses dan  dikerjasamakan dengan BPJS Kesehatan, Dinas Dukcapil Kab. muba hingga Bank Sumselbabel serta Kantor Pajak Pratama Sekayu termasuk tempat bermain anak dan ruang laktasi bagi ibu menyusui dan pemeriksaan kesehatan hingga pelayanan terhadap masyarakat difabel (berkebutuhan khusus) turut menjadi perhatian tim ombudsman Sumsel,  memberikan pernyataan bahwa DPMPTSP Kab. Muba memang sudah menjalankan Standar Operasional Prosedur yang berlaku secara cepat dan tepat, "Salut Untuk Muba" ujar Rahadian Vishnu.

Akhirnya ketua tim perwakilan ombudsman sumsel, Rahadian Vishnu Kumoro menyampaikan permohonan maaf juga atas kunjungan ini, ini semata mata memang cara kami untuk mengetahui langsung dan menilai role model pelayanan perizinan DPMPTSP Kab. Muba dengan kunjungan mendadak ini, apakah standar pelayanan di DPMPTSP Kab. Muba, sesuai dengan pemberitaan selama ini bahwa untuk di Sumsel satu satunya Bupati/Kabupaten yang memperoleh penghargaaan role model pelayanan tingkat nasional oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan & RB RI).

Ombudsman Sumsel memang saat ini sesuai arahan Ombudsman RI dan Presiden RI melakukan penilaian terkait pelayanan dan perizinan terhadap semua instansi pemerintah yang ada diseluruh indonesia, terhadap kemudahan dan percepatan pemberian  izin / pelayanan kepada masyarakat maupun calon investor. Sebelum mengunjungi dan menilai 16 Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Sumsel, Muba dikunjungi pertama kali dikarenakan untuk dijadikan acuan penilaian yang dilakukan oleh Ombudman Sumsel sebelum kunjungan ke daerah lainnya. Ombudman mengagumi standar dan kemudahan pemberian izin/pelayanan yang diberikan oleh Bupati Muba melalui DPMPTSP Kab. Muba.

Setelah melakukan pertemuan dan melakukan penilaian dengan Kepala DPMPTSP Kab. Muba selanjutnya anggota perwakilan melihat kembali kondisi ruang pelayanan dan sekaligus pamit dan diantar langsung oleh Kepala Dinas dan Seluruh jajaran Kepala Bidang dan Staf DPMPTSP Kab. Muba dengan melakukan foto bersama. (red/yud)
Share To:

Post A Comment: