INFOSEAKYU.COM - Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Lais, meraih juara satu lomba cipta menu pangan lokal tingkat Kabupaten Musi Banyuasin dengan perolehan nilai 251 dari dewan juri. Dengan demikian Tim Penggerak PKK Kecamatan Lais yang akan mewakili Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Juara dua diraih TP-PKK Kecamatan Tungkal Jaya, dengan nilai 249, dan juara ketiga diraih oleh TP-PKK Kecamatan Sekayu, dengan jumlah nilai 246. Masing-masing juara mendapatkan uang pembinaan yakni juara satu Rp5 juta, juara dua Rp3 juta dan juara tiga Rp2 juta.

Lomba dengan tema kembangkan daya kreatifitas Ibu-ibu PKK dalam menciptakan menu yang beragam, bergizi, seimbang dan berbasis sumber daya lokal yang dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga, dilaksanakan di Pendopo Griya Bumi Serasan Sekate dan dibuka oleh Plt. Bupati Muba yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum, H Ibnu Saad, SSos, MSi, Selasa (8/5/2018).

Dalam sambutan Plt Bupati Muba yang disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum menegaskan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan memenuhinya merupakan hak asasi manusia yang dijamin oleh undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan.

"Sumber daya manusia yang unggul, adalah yang mampu menciptakan inovasi dan memanfaatkan teknologi untuk ketersediaan pangan di masa yang akan datang," ujarnya.


Selanjutnya pembinaan ketahanan pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan diharapkan terus berinovasi menghasilkan menu-menu lokal Kabupaten Muba yang nantinya dijadikan sebagai karakteristik daerah yang berbasis agrikultur. Oleh sebab itu, ibu-ibu PKK tingkat kelurahan, desa, kecamatan maupun kabupaten, harus kreatif dalam menciptakan menu olahan lokal yang pada gilirannya mungkin dapat dijadikan suatu menu nasional.

Sebelumnya laporan Ketua Pelaksana, Kepala Badan Ketahanan Pangan Ir H Yusman Syahrianto MT menyatakan bahwa lomba cipta menu pangan lokal ini bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas ibu-ibu PKK khususnya dan kelompok masyarakat Kabupaten Muba pada umumnya dalam memilih menyusun serta menciptakan menu dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.

Meningkatkan pemahaman ibu-ibu PKK dan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan lokal guna meningkatkan kualitas hidup sehat aktif dan produktif, serta sebagai upaya untuk meningkatkan diversifikasi produk pangan olahan khas Muba agar dapat lebih beragam dan berkembang. /red/

 
Share To:

Post A Comment: