Sekayu, Info Tips, Infosekayu.com - Saat masa kehamilan merupakan masa terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam masa perkembangannya. Salah satu yang dinilai cukup penting adalah asupan buah – buahan, karena seperti yang kita tahu didalamnya memiliki banyak kandungan mineral dan juga vitamin yang sangat baik tak hanya untuk ibu tapi juga janin. Namun ada beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil karena efek negatifnya lebih tinggi jika dibanding dengan manfaat yang didapat. Lantas buah apa saja yang dilarang? Simak selengkapnya.

1. Pepaya
Jika saat ini kamu sedang hamil ada baiknya bila menghindari makan buah pepaya, terutama pepaya yang masih mentah. Meski memang manfaat dari buah yang memiliki rasa yang manis ini tak bisa disangkal. Akan tetapi kandungan senyawa dalam pepaya diketahui cukup berbahaya untuk kehamilan sebab dapat menyebabkan timbulnya kontraksi kehamilan dan juga pelunakan pada jalan lahir. Hal tersebut dapat memicu kelahiran prematur pada janin dan bisa menyebabkan keguguran.

2. Nanas
Ada mitos bila nanas merupakan buah yang dilarang untuk ibu hamil. Sesungguhnya ada benarnya juga mitos tersebut dan bukan alasan yang mengada – ada, sebab buah nanas memiliki kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil. Kandungan tersebut bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia, sehingga bisa memicu keguguran.

3. Anggur
Siapa yang tidak suka mengkonsumsi buah yang memiliki rasa yang menyegarkan yang satu ini. Rasanya yang manis sedikit masam membuat mulut terasa segar saat memakannya. Namun saat hamil ibu dilarang untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Karena buah yang dilarang untuk ibu hamil ini selama masa perkembangannya banyak sekali menggunakan bahan kimia untuk perawatannya. Dan kandungan bahan kima tersebut yang dikhawatirkan masuk ke dalam buah anggur yang bisa membuat ibu hamil keracunan. Meski hal ini masih diperdebatkan antara boleh dan tidaknya, tapi lebih baik menghindarinya demi keamananan.

4. Durian
Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memiliki aroma yang sangat menggoda bagi pecintanya. Namun saat hamil, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Bukannya tanpa sebab, buah yang kulit luarnya berduri ini memiliki kandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Namun mencicipinya sedikit untuk memenuhi rasa ngidam bileh – boleh saja, asal dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan wajar.

5. Nangka
Buah yang selanjutnya harus dihindari selama masa kehamilan ialah nangka, hal ini karena sehabis mengkonsumsinya bisa menimbulkan rasa panas di perut. Dan bila dibiarkan bisa menyebabkan perut ibu hamil terasa tidak nyaman. Karenanya meski juga memiliki banyak manfaat, akan tetapi saat hamil lebih baik tunda dahulu keinginan untuk mecicipi buah tropis yang satu ini.

Nah itulah 5 buah yang harus dihindari oleh ibu hamil, masih banyak buah yang lain, tapi hari ini imin bahas 5 buah dulu yah. semoga ibu hamil membaca yah, karena ini untuk kebaikan ibu dan calon bayi. (im)


Share To:

Post A Comment: