Sekayu, Infosekayu.com - MATA merupakan panca indera yang tak kalah penting gunanya dengan indera yang lain. Tanpa mata, semua orang akan sulit untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, sibuknya aktivitas di setiap hari, kerap membuat seseorang lupa akan kesehatan matanya.
Secara umum, kebanyakan peristiwa kerusakan mata akan dialami pada masa tua. Namun, tak jarang di umur remaja bahkan anak-anak pun masalah pada mata sudah mulai dialami. Jika telah mengalami masalah seperti ini, seseorang baru mulai memikirkan kesehatan matanya.
Padahal pencegahan kesehatan mata akan lebih baik dilakukan sejak dini. Itu penting agar dapat membantu menurunkan risiko di masa tua nanti. Maka dari itu, seperti yang dilaporkan Health.com, lima makanan berikut bisa membantu Anda dalam upaya menjaga kesehatan mata. Tentunya selain wortel yang memang sudah masyhur karena mengandung Beta-karoten, sejenis vitamin A yang baik untuk mata. Berikut lima makanan tersebut: 

1. Sayuran hijau
Kandungan lutein dan zeaxanthin yang juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, B12, dan C, dipercaya dapat melindungi mata dengan membentuk pigmen dalam makula yang menyaring berbahaya gelombang cahaya biru, yang dapat merusak mata.
Penelitian menunjukkan vitamin A juga dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula di kemudian hari. Hal ini juga dapat memperlambat kehilangan penglihatan pada orang dengan kondisi mata yang disebut retinitis pigmentosa.

2. Telur
Menurut Paul Dougherty, MD, Direktur Medis Dougherty Laser Vision di Los Angeles, kandungan kuning telur sebagai sumber utama lutein dan zeaxanthin serta plus seng, dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.
Bila pencegahan terlembat, degenerasi makula dapat menyebabkan terganggunya fungsi penglihatan mata. Retina mata Anda tersusun atas beberapa lapisan sel yang sensitif terhadap cahaya.Pada bagian tengah retina mata, terdapat daerah yang disebut makula yang terdiri atas banyak sel. Meskipun ukurannya kecil, sel-sel makula bertanggung jawab dan berperan penting agar mata kita dapat melihat dengan jelas, fokus, dan tajam.

Itulah dua makanan yang dapat menyehatkan mata, pasti dulur dulur lah pernah makan setu. hehehe
sekedar informasi yah. (im)
Share To:

Post A Comment: