Tips Menenangkan Bayi Menangis

sekayu, infossekayu.com  – Ketika bayi menangis, kita merasa ingin menangis juga. Kita cenderung mencari tahu apakah karena rasa sakit atau ketidaknyamanan. bayi akan menangis untuk alasan yang berbeda-beda, ketika mereka lapar, ketika mereka merasa tidak nyaman karena popoknya basah atau alasan lain, ketika mereka merasa takut, dan ketika mereka sakit. Bahkan bayi bisa menangis hanya untuk menarik perhatian kita.

Menenangkan bayi yang menangis kadang-kadang sulit. Menghibur bayi bisa merupakan proses “trial and error”. Cobalah beberapa tips dari Lifemojo berikut untuk menenangkan bayi menangis.

1.Tawarkan sebotol susu hangat atau cobalah untuk menyusui. Lihatlah apakah bayi memang lapar.

2.Pastikan pakaian bayi kita cocok untuk cuaca sekarang ini.

3.Ketidaknyamanan pakaian bayi di daerah bahu dan kaki dapat membuatnya menangis. Cobalah untuk mengganti pakaiannya.

 4.Bayi mungkin menangis jika ada orang “asing” yang menggendongnya. Perkembangan baru di sekelilingnya juga membuat dia merasa takut. Dalam beberapa kasus, jika bayi bangun dari tidur dan menemukan dirinya dalam sebuah ruangan gelap, mereka mulai menangis. Cobalah membuat kontak mata dengan bayi.

5Jika bayi terluka, maka dia akan menangis. Tanggung jawab kita sebagai orangtua, memastikan bahwa bayi berada dalam lingkungan yang aman.

 6.Jika bayi menangis dan menarik kakinya ke atas menunjukkan tanda-tanda sakit perut. Berikan sedikit minyak mint pada perutnya untuk menenangkannya.

7.Ketika bayi lelah, dia akan menangis. Biasanya dalam kasus ini, setelah memeluknya sebentar dan memberinya sesuatu untuk dimakan dia akan tertidur dan jelas saja tangisannya berhenti.

8.Bayi menyukai perasaan hangat. Memegang bayi dekat dengan tubuh kita dan memeluknya dapat memberikan rasa kepastian dan kehangatan serta membantunya tenang.

9.Bayi merasa nyaman dan hangat ketika dalam rahim. Kita mungkin perlu meniru hal yang sama untuk mengatasi kerewelannya. Cobalah bungkus bayi dengan selimut untuk memberinya perasaan nyaman seperti di dalam rahim. 

10.Dengan lembut, ayun bayi di tangan kita atau tempatkan bayi dalam buaian atau ayunan yang membantu bayi tidur dengan gerak berirama lembut. 

11.Memainkan musik lembut atau menyanyi lagu pengantar tidur juga bisa membantu kenyamanan bayi menangis.

Itulah beberapa tips mengenai cara menenangkan bayi yang sedang menangis, semoga bermanfaat untuk para ibu yang sedang berjuang keras membesarkan anaknya.(im)


Share To:

Post A Comment: