INFOSEKAYU.COM - Setelah sempat terhenti pembangunannya sejak tiga tahun yang lalu, akhirnya Pondok Pesantren (ponpes) Islam Terpadu (IT) Salamun Aitam Islamic Idol di bawah komando Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin resmi beroperasional. 


Diketahui, Ponpes IT Salamun Aitam Islamic Idol yang berdiri di atas lahan seluas 6 Hektar tersebut menggratiskan semua biaya untuk peserta didik yang mondok dan hanya menerima peserta didik yatim piatu, yatim, piatu, dan dhuafa.

"Semua biaya kita tanggung. Dan Ponpes ini hanya diperuntukkan untuk anak-anak yatim piatu dan dhuafa. Selama mondok, semua biaya kebutuhan hidup akan ditanggung Pemkab Muba," ungkap Dodi di sela Halal bi halal bersama Anak Yatim dan Dhuafa serta Peresmian Gedung dan Murid Ponpes IT Salamun Aitam Islamic Idol, Senin (25/6).

Dijelaskan Dewan Pembina GP Ansor Sumsel itu, program pembangunan Ponpes IT Salamun Aitam di Kecamatan Sekayu tersebut dikarenakan di kawasan Muba Barat masih sangat minim keberadaan ponpes, terlebih keberasaan Ponpes di Muba lebih banyak berada di kawasan jalan lintas.

"Selain itu, perlu lebih memperbanyak keberadaan tempat pendidikan berbasis Islam sehingga ilmu agama anak-anak di Kabupaten Muba semakin lebih baik," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Islamic Idol, H Opi Palopi MA menyebutkan rekrutmen pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Ponpes Salamun Aitam Islamic Idol nantinya akan mengakomodir siswa yang sudah tamat jenjang Sekolah Dasar (SD) sederajat. " Jadi, ini diperuntukkan untuk calon siswa jenjang MTs dan tahap pertama hanya untuk santri putra," imbuhnya.



Lanjut Opi, tahun ajaran baru nanti yang mulai dibuka akan diperuntukkan bagi 240 siswa. "Santri yang akan belajar di Ponpes Islamic Idol akan diseleksi oleh Sarjana Bina Desa di Kabupaten Muba," bebernya.

Kemudian, santri ponpes Islamic Idol nantinya setelah tamat akan terintegrasi dengan program Santri Jadi Dokter (SJD). "Santri yang berminat untuk menjadi dokter nantinya setelah tamat akan mendapatkan prioritas untuk menerima program SJD," tukasnya.

Pada kesempatan Halal bi halal bersama Anak Yatim dan Dhuafa serta Peresmian Gedung dan Murid Ponpes IT Salamun Aitam Islamic Idol juga turut dihadiri Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Muba. /red/

 
Share To:

Post A Comment: