INFOSEKAYU.COM – Aksi kecurangan menjadi momok bagi setiap Tim Pasangan Calon pada perhelatan Pemilihan Gubernur Sumsel mendatang. Kecurangan itu sendiri dikhawatirkan akan terjadi pada hari H pemilihan, di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Salah satu antisipasi yang dilakukan Tim Paslon Dodi Reza Alex – Giri Ramanda N Kiemas adalah dengan menyiapkan para saksi di tingkat TPS dan melakukan pembekalan bagi para saksi di seluruh Kabupaten/Kota se-Sumsel secara serentak.

“Semua TPS di Sumsel 100 persen saksinya lengkap,” ujar Beni Hernedi, selaku Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional PDIP Sumsel, saat dikonfirmasi Infosekayu.com, Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, kepada para saksi paslon Dodi – Giri dibekali dengan motto dan prinsip : Awasi catat kawal C1 100 persen.

“Nantinya, saksi di dalam TPS harus memastikan proses pemungutan suara berjalan sesuai ketentuan dan lancar. Untuk itu, tentunya membantu para saksi perlu berkoordinasi secara baik dengan penyenggara dan pengawas,” ujarnya. 
 

Ia juga mengingatkan akan tugas para saksi, pada saat penghitungan harus sigap mengamankan perolehan suara. Dengan memastikan kesesuaian hasil real dengan pencatatan di dalam form C1.
“Prinsipnya, kalau cocok form C1 diamankan. Jika tidak cocok, wajib mengajukan keberatan. Intinya mengawasi mencatat dan mengawal,” tegas Beni.

Masih menurut dia, semua saksi adalah rekrutan dan berada di bawah supervisi BSPN PDIP prov Sumsel. “Dan demi menjaga semua sesuai dengan aturan main, satu saksi akan bertugas di dalam TPS dan satu lagi bertindak sebagai asisten saksi cadangan, berada di luar TPS,” ungkapnya.

Tak sampai di situ, dua orang ini juga akan dikawal oleh 5 sampai 10 orang regu gerak pemilih (Guraklih) dan ditambah pula dengan kader-kader partai koalisi yang mendapat tugas khusus memantau dan kolektor data.


“Rasanya sangat sempit ruang untuk curang, karena TPS akan dikepung habis. Mudah-mudahan semua berjalan sebagaimana mestinya dan lancar,” pungkasnya, sambil menghimbau kepada para penyelenggara pemilihan agar dapat memastikan hak warga negara dalam memilih, terfasilitasi dgn baik. /red/



Share To:

Post A Comment: