Infosekayu.com- Selain mengajak para pemuda, Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba), Beni Hernedi , secara khusus mengajak pula Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Muba buka puasa bersama di Sekayu Water Front, Rabu Sore (6/6/2018).

Melalui Dinas Sosial Kabupaten Muba, usai buka puasa bersama, Plt Bupati beradiensi langsung dengan Sembilan orang perwakilan dari PDI Kabupaten Muba di Rumah dinasnya.
Turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Muba.

Pemerintah Kabupaten Muba sendiri berkomitmen untuk memberikan apresiasi terhadap para penyandang disabilitas ini, sesuai dalam misi Pemkab Muba untuk mensejahterakan dan memberi perhatian khusus kepada penyandang disabilitas dalam RPJMD lima tahun kedepan.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati langsung berinteraksi dengan para penyandang disabilitas dan menampung aspirasi serta keinginan mereka.Plt Bupati berharap agar para penyandang disabilitas ini mendapatkan kesempatan bekerja dan berkarya sesuai dengan kemampuan masing-masing.

“Manusia tidak ada yang sempurna, namun begitu kita tidak boleh berkecil hati atau minder. Tolong didata sesuai nama dan alamat agar data PPDI di Muba jelas, bila perlu dibuatkan kartu khusus penyandang disabilitas,  dan juga keinginan yang perlu disampaikan kepada kami buatkan dalam bentuk proposal, kami akan berusaha mencarikan solusi agar saudara kami para penyandang disabilitas kedepan keahliannya bisa tersalurkan,” kata Bupati.

Bupati berharap para penyandang disabilitas ini bisa menyalurkan bakat mereka.

“Rata-rata para penyandang disabilitas ini ingin menjadi seorang wirausaha mandiri. Memang saat ini penyediaan tempat pelatihan untuk disabilitas belum berjalan, namun kedepan Insya Allah Pemkab Muba akan masukan dalam anggaran untuk membentuk pelatihan tersebut, sehingga bisa memenuhi kebutuhan serta meringankan beban saudara kami para penyandang disabilitas,” tukas Beni.

Sementara itu, secara terpisah ketua perkumpulan Disabilitas kabupaten Muba, Anto mengapresiasi Plt Bupati Muba karena telah beri perhatian khusus terhadap penyandang disabilitas. Dan berharap para penyandang disabilitas juga mendapatkan hak yang sama dengan masyarakat normal lainnya, dapat kesempatan bekerja maupun mengembangkan keahlian mereka. 

“Kami sangat tersentuh untuk pertama kalinya di ajak buka puasa bersama Plt Bupati, kami tidak ingin dikasihani, namun kami berharap pemerintah bersedia memberikan fasilitas pelatihan usaha sesuai dengan kemampuan masing-masing penyandang disabilitas. Selain itu, kami meminta sarana dan prasarana kebutuhan para penyandang disabilitas termasuk adanya jalan khusus yang disiapkan bagi kaum difabel saat hendak masuk di kantor pemerintahan maupun fasilitas umum di wilayah Kabupaten Muba,” ujar Anto. (Edp)




Share To:

Post A Comment: