Cara Mencegah Munculnya Gigi Berlubang
Sekayu, Infosekayu.com- Gigi berlubang merupakan salah satu keluhan yang sering dialami orang. Nah, bisa jadi Anda sudah menebak bahwa cara paling tepat untuk menjaga agar gigi tidak berlubang adalah dengan menjaga kebersihannya.
Memang ini merupakan cara utama yang harus dilakukan setiap orang pada kesehariannya, tapi ada cara lain yang sangat mendukung dan jitu dalam usaha untuk cegah gigi berlubang.
Mencegah gigi berlubang dapat dilakukan dengan perawatan pit dan fissure sealant. Apa itu perawatan pit dan fissure sealant? Ya, pasti terdengar sangat asing untuk sebagian besar orang, tetapi bagi yang sudah melakukannya tahu betul manfaat perawatan ini bagi kesehatan gigi.
Pit dan Fissure Sealant untuk Gigi Berlubang
Pit dan fissure sealant adalah suatu perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi guna melindungi permukaan kunyah gigi belakang agar terbebas dari lubang. Tindakan ini dilakukan dengan menutup bagian cekungan dan ceruk pada permukaan kunyah gigi belakang dengan bahan tertentu.
Gigi belakang adalah gigi yang sangat rentan mengalami lubang. Permukaannya yang terdiri dari lekukan dan tonjolan membuat sisa makanan dan plak terjebak sehingga sulit dibersihkan, kemudian diolah oleh bakteri menjadi senyawa yang menyebabkan gigi menjadi berlubang.
Perawatan ini bisa dilakukan oleh siapa saja: anak-anak, remaja, bahkan pada orang dewasa dengan gigi geraham yang masih sehat. Sebaiknya segera setelah gigi tetap tumbuh sempurna,  maka langsung melakukan perawatan pit dan fissure sealant untuk melindungi gigi dari resiko berlubang sejak dini, yakni sejak anak berusia 6 tahun di mana gigi geraham tetapnya pertama kali tumbuh. Tetapi hal ini juga bisa dikerjakan pada gigi susu anak dan perlu dikonsultasikan terlebih dahulu.
Pencegahan gigi berlubang dengan pit dan fissure sealant dapat memberikan banyak manfaat. Karena dengan terbebas dari gigi berlubang, maka Anda juga terbebas dari risiko perlunya melakukan perawatan gigi yang berulang kali dan tidak murah seperti penambalan, perawatan saluran akar, dan perawatan mahkota gigi. (im)
Share To:

Post A Comment: