INFOSEKAYU.COM - Sebanyak 262 jamaah calon haji tahun 1439 H / 2018 M berasal dari 15 kecamatan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengikuti acara bimbingan manasik haji massal, yang diselenggarakan oleh kantor Kementerian Agama Kabupaten Muba bertempat di Masjid Jami' An-Nur Sekayu.

Rencananya, kegiatan tersebut akan berlangsung selama sebelas hari, berlokasi di kecamatan masing-masing, penutupan pada tanggal 13 Juli 2017 mendatang.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kemenag Muba, Drs H Subrata, MPdI dalam laporannya yang disampaikan oleh ketua panitia pelaksana pada pembukaan acara manasik haji, Senin (2/7/2018).

Dikatakannya bahwa memberikan pembinanaan dan pelayanan bagi jamaah haji merupakan kewajiban pemerintah setempat, di mana Kemenag menjadi tangan panjang pemerintah untuk langsung menangani kegiatan haji ini, agar jamaah bisa menjalankan ibadah haji dengan sempurna.

"Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya bimbingan manasik haji ini yaitu untuk memberikan ilmu pemahaman kepada jamaah terkait ilmu manasik haji, memberikan pengetahuaan dalam pelaksanaan ibadah haji dengan baik dan benar sehingga menghasilkan haji yang mabrur. Untuk keberangkatan jama'ah haji dijadwalkan pada tanggal 7 Agustus 2018 mendatang," jelasnya. 
 
Mewakili Bupati Muba, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba Ir H Rusli, SP, MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Bupati berpesan semoga seluruh jamaah haji dalam selalu dalam keadaan sehat, agar dapat melaksanakan haji dengan tertib dan aman hingga pulang ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

"Saya percaya calon jamaah haji yang hadir saat ini cita-citanya ingin menjadi haji yang mabrur, dan mabruroh untuk mencapai predikat itu ada dua hal yang harus diperhatikan, pertama harus benar-benar niatnya hanya karena Allah SWT dan bukan karena yang lain, kedua untuk mencapai kemabruran maka ambillah contoh dari rasul dalam melaksanakan ibadah haji, insya allah, tata cara berhaji rasulullah sama dengan materi yang akan disampaikan dalam pembinaan manasik haji hari ini dan hari - hari berikutnya,"pesannya. /red/

 
Share To:

Post A Comment: