Infosekayu.com- Salah satu atlet asal Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, Muhammad Hinayah akan mengikuti perlombaan panjat tebing pada Asian Games ke XVIII di Palembang.

Atlet dengan nama sapaan “iin” ini sudah mengenal olahraga ini sejak kelas 4 SD, kemudian sempat berhenti menekuni olahraga ini karena sang pelatih pindah ke Palembang. Iin kembali berlatih saat kelas 6 SD.
"Waktu itu baru tingkat pemula. Berapa kali latihan baru difokuskan pada speed karena kata pelatih saya punya bakat di speed (kecepatan)," ujarnya.

Fasilitas yang ada di alun-alun kota Sekayulah yang membuat iin mengenal olahraga ini. Disana ia sering bermain dengan teman-temannya.
"Ada teman yang kasih tahu bahwa disana ada fasilitas itu sehingga lama-lama jadi tertarik," ungkap peraih peringkat empat dunia untuk kualifikasi kelas Speed Men pada IFSC Climbing Worldcup, Moscow 21-22 April 2018 lalu.

Di Indonesia, Iin mengidolakan sosok Aspar Jaelolo yang juga sebagai atlet panjat tebing. Target tertinggi untuk kariernya, Iin tak ingin tanggung-tanggung. Setelah selesai Asian Games, ia ingin fokus pada pertandingan selanjutnya yakni juara dunia.
"Motivasi lain selain membawa nama Indonesia, Sumsel khususnya, saya juga dari dulu pengen juara dunia," jelasnya.

Dengan menargetkan medali emas pada perhelatan yang digelar di Venue Panjat Tebing kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Ia optimis mampu bersaing dengan 45 negara Asia lainnya pada perhelatan tersebut.
"Setidaknya dapat emas di Asian Games untuk Indonesia dan memperkenalkan nama Sumsel," kata Iin, Kamis (19/7/2018). (Edp)



Share To:

Post A Comment: