Palembang, Infosekayu.com- Tim seleksi calon anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2018-2023, resmi mengumumkan 60 peserta dari 112 peserta yang mendaftar, lolos penelitian adminitrasi.

Peserta yang lolos berhak mengikuti ujian tertulis dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) pada Selasa, 24 Juli 2018 di Kantor Regional VII BKN Jalan Gub H Bastari, Seberang Ulu 1, Jakabaring, Palembang, mulai pukul 09.00.
Dari nama-nama yang lolos terdapat empat anggota komisioner KPU Sumsel yang kini masih menjabat, yakni Aspahani, Ahmad Naafi, Liza Lizuarni, Alexander Abdullah. Dalam daftar nama yang lolos admintrasi itu juga terdapat nama komisioner KPU Kota Palembang Abdul Karim dan Ketua KPU Muba Ahmad Firdaus Marvel’s. Tak hanya itu terdapat nama mantan Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya dan mantan anggota Bawaslu, Zulfikar.
Sebelumnya, Ketua Tim Seleksi (Timsel) KPU Sumsel Anisatul Mardiah mengatakan, hingga akhir pendaftaran pada 12 Juli lalu, tercatat ada 112 berkas peserta seleksi calon anggota KPU Sumsel yang diterima pihaknya. Terdiri dari 16 pendaftar perempuan dan 96 pendaftar laki-laki.
Menurut mantan Ketua KPU Sumsel ini, hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 19-23 Juli. Di mana 60 calon yang memiliki poin tertinggi berhak mengikuti ujian tertulis dengan CAT.
“Tes tertulis ini menyaring 35 calon dengan nilai tertinggi, untuk ikut tahapan berikutnya, tes psikologi. Selanjutnya diambil 30 besar untuk tes kesehatan, diciutkan 20 peserta untuk tes wawancara,” paparnya.
“Kemudian akan diambil 10 calon terpilih untuk mengikuti seleksi akhir, yakni tes kemampuan dan kepatutan hingga terpilih lima nama sebagai anggota KPU Sumsel,” jelasnya.
Dirinya menjelaskan, pada proses pendaftaran banyak peserta mendaftarkan diri, namun tidak sedikit berkas mereka dikembalikan, karena tak memenuhi syarat.
Seperti usia minimal yang belum cukup, tidak melampirkan surat pernyataan atau syarat-syarat lain yang belum dilengkapi.

“Tim hanya menerima berkas yang memenuhi syarat saja. Pendaftaran sudah dibuka sejak 4 Juli dan ini rentang waktu yang lumayan lama untuk melengkapi berkas,” tandasnya. (Edp)


Share To:

Post A Comment: