INFOSEKAYU.COM –
Memasuki musim kemarau sekaligus dalam rangka pencegahan kebakaran lahan dan kebun di kawasan Musi Banyuasin menjelang digelarnya even Asian Games ke-18 di Sumatera Selatan, dilaksanakan giat patroli udara pada Selasa (24/7/2018).


Aksi patroli tersebut berupa pemantauan lahan dari udara menggunakan helikopter jenis Bolkow PK-EAA BNPB Provinsi Sumatera Selatan. Melibatkan unsur FPKD Muba, yakni : Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, SE, MM, Dandim 0401 Muba Letkol Czi Mulyadi dan Kepala BPBD Muba Haryadi Karim.

Berangkat dari landasan helipad Pendopoan Bupati Musi Banyuasin, patroli udara tersebut melakukan pemantauan langsung di perbatasan Banyuasin dan Kabupaten Muba. Meliputi , Sukajadi dan Rantau Bayur (Banyuasin) serta Sekayu, Batang hari Leko, Mendis, Pulai Gading, Muara Medak, Kepayang, Muara Merang dan Pinang Banjar

Dari hasil kegiatan patroli udara tersebut, Kapolres Muba menghimbau kepada seluruh masyarakat Muba agar tidak membakar lahan karena akan sangat membahayakan dan merugikan banyak pihak.   Selain itu, ia juga mengingatkan akan ada sanksi hukum yang berat kepada pelaku membakar lahan.  
 

“Kepada pimpinan perusahaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat mari bersama-sama kita sukseskan Even Asian Games ke-18, mulai tanggal 18 Agustus sampai dengan 2 september 2018 di Provinsi Sumsel. Harapan kita, agar bisa berjalan dengan aman, lancar dan bebas dari polusi asap akibat karhutbunla,” ajak Kapolres.

Berdasarkan data dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Meranti dan KPH Lalan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, masih masuk kategori rawan terjadinya Karhutbunla. Hal tesebut dikarenakan Kab Muba memiliki lahan gambut seluas 374.360 Ha yang tersebar di 15 kecamatan, khususnya di wilayah Kecamatan Bayung Lincir dan Kecamatan Lalan. /red/

Share To:

Post A Comment: