Infosekayu.com- Ketua Panitia Penyelenggaraan Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir memastikan sepak bola menjadi cabang olahraga pertama yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Rencananya, sepak bola dimulai 10 Agustus, mendahului upacara pembukaan pada 18 Agustus.

"Pertandingan pertama, sampai dengan hari ini, yaitu sepak bola pada 10 Agustus. Kalau semua berjalan sesuai rencana, 10 Agustus dan 12 Agustus adalah pertandingan pertama, dari cabang olahraga sepak bola, lalu diikuti cabang olahraga basket pada 14 Agustus," kata Erick Thohir usai mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau lokasi persiapan Asian Games di Jakarta, Jumat (3/8/2018). 

Dengan adanya pertandingan pertama pada 10 Agustus, Inasgoc memperkirakan atlet-atlet akan tiba di Indonesia pada 7 dan 8 Agustus. Sebisa mungkin, atlet sepak bola tersebut akan ditempatkan di Wisma Atlet Kemayoran.

"Atlet-atletnya yang akan datang, untuk sepak bola tanggal 10 dan 12 Agustus itu, kurang lebih tanggal 7 dan 8 Agustus mereka sudah datang. Wisma Atlet siap menerima atlet itu sebenarnya tanggal 10 Agustus, tapi tentu kita akan persiapkan dengan baik," jelas Erick.

Terkait pengunduran diri Timnas Irak dari Asian Games 2018, Erick mengatakan akan ada keputusan pada Jumat sore mengenai pengundian ulang terkait pembagian grup laga sepak bola.

"Ada catatan bahwa Irak mengundurkan diri, jadi nanti ada keputusan hari ini dari AFC (Asian Football Confederation) dan OCA (Olympic Council of Asia), apakah akan ada 'drawing' khusus yang di 'pool' timnas Irak itu," kata Erick.
Irak sebelumnya masuk ke dalam Grup C, bersama dengan timnas dari Suriah, Timor Leste dan China. (Edp)


Share To:

Post A Comment: