INFOSEKAYU.COM - Minimnya curah hujan beberapa bulan belakangan ini membuat Pemkab Musi Banyuasin (Muba) berinisiatif menggelar shalat istisqo' atau shalat minta hujan. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Rusli, SP, MM, mengatakan rencananya shalat akan dilaksanakan besok pagi 3 Agustus 2018.


"Shalat akan kita tunaikan di Lapangan Kantor Bupati Muba mulai pukul 07.00 pagi," ingat Rusli saat memimpin rapat di Ruang Rapat Randik, Kamis (2/8/2018).

Rusli menambahkan pelaksanaan shalat sebagai salah satu usaha untuk antisipasi karhutlah dan kabut asap, mengingat event Asean Games 2018 yang tinggal menghitung hari.

"Saya mengimbau agar seluruh Perangkat Daerah ikut berpartisipasi melaksanakan shalat, undang juga para camat, kades, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Muba," imbuhnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Muba Drs H Subrata, MPdI, menjelaskan Shalat Istisqo' merupakan salah satu syariat dalam agama islam yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw.

"Berdoa memohon hujan segera turun, sehingga bencana seperti kekeringan, kebakaran dan kabut asap tidak terjadi," jelasnya.

Bersamaan disampaikan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Muba Drs H Muhammad Jaya MSi mengenai persiapan pelaksanaan Idul Adha 1439H/2018M di Kota Sekayu. Shalat ied bertepatan tanggal 22 Agustus 2018, akan dilaksanakan di Lapangan Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate mulai pukul 07.00 WIB.

"Yang akan bertindak sebagai Imam adalah Taufik Fathir, SPdI, MHI dan Khatib adalah Ustd Dr H Akmal Hawi, MAg," papar Jaya. /red/


Share To:

Post A Comment: