INFOSEKAYU.COM - Jalan bebas hambatan Bakauheni-Palembang-Betung sepanjang 460 km ditarget rampung pengerjaan konstruksi fisiknya pada awal 2019 mendatang. Saat ini progres pengerjaannya secara keseluruhan telah mencapai 75%.


Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pembangunan jalan Tol Trans Sumatera telah dibangun sejak April 2015 dan ditargetkan rampung sebelum Asian Games, khususnya sepanjang Bakauheni-Palembang. Namun karena masalah pembebasan lahan, akhirnya target proyek ini terhambat.

"Kita tadinya berharap bisa kita coba untuk Asian Games. Tapi memang pada prosesnya pembebasan lahan tidak semudah yang kita perkirakan. Akhirnya ini sedikit terlambat," kata Rini di Palembang, Kamis (30/8/2018) seperti dikutip dari detikcom.

Rini pun meminta kepada pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk bisa menyelesaikan proyek ini pada awal 2019, atau April 2019. Saat ini, kata Rini, progresnya konstruksi jalan tol secara umum dari Bakauheni hingga Palembang telah sekitar 75%.

"Mungkin kalau total kira-kira sudah 75-80% pembangunan. Dan alhamdulillah untuk badan jalan semua lahan sudah clear semua," katanya.

Sedangkan untuk pembebasan lahan, kata Rini, untuk badan jalan sudah sepenuhnya beban. Hanya saja, ada beberapa titik seperti di bagian sisi jalan masih ada yang belum selesai.

"Jadi mungkin di pinggir kiri-kanannya jalannya masih ada, ataupun beberapa yang ada hubungannya dengan exit. Tapi jalan tolnya sendiri sudah selesai. Insyaallah kalau pembebasan di badan jalan sudah selesai," kata Rini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan, pihaknya selaku BUJT berusaha untuk mempercepat penyelesaian pembangunan. Dia menargetkan pada November 2018 ruasnya sudah bisa tersambung semua.

Adapun Tol Bakauheni-Palembang terbagi dalam tiga ruas, yakni Bakauheni-Terbanggi Besar pengerjaan fisiknya sudah mencapai 86,02%, Ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung sudah mencapai 73%, serta ruas Palembang-Indralaya sudah mencapai 95,46%.

"Bisa ya, lebih cepet malah. November akhir, atau Desember sudah selesai semua," kata Bintang. /red/




Share To:

Post A Comment: