Beni Hernedi saat ikut turun bekarang bersama Masyarakat Di Danau Siarak Tanah Abang

Tanah Abang, Infosekayu.com-  Bekarang merupakan tradisi yang dilakukan masyarakat Musi Banyusin ketika surutnya air di sawah, danau dan juga sungai untuk mencari atau menangkap ikan dengan menggunakan jala, tangkul bahkan menggunakan tangan kosong.

Suara riuh terdengar saat puluhan masyarakat berlomba mencari dan menangkap ikan. Tak ingin ketinggalan, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi ikut turun menceburkan diri bersama masyarakat di Danau Siarak Desa Tanah Abang yang sudah mulai dangkal, Sabtu (11/08/2018).

“Bekarang ini budaya khas masyarakat Muba,tradisi ini yang membedakan dari daerah lain. Bekarang sebuah tradisi menangkap ikan menggunakan tangan saat air dalam keadaan surut”,kata Beni sembari berusaha menangkap ikan yang berada di lumpur.

Sepatutnya tradisi bekarang masyarakat muba harus terus dilestarikan dan bisa menjadi destinasi wisata yang harus dipromosikan.
Menurutnya banyak cara yang kita lakukan untuk memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Mudi Banyuasin yang salah satunya dengan mempertahankan tradisi bekarang”,tutupnya. (Edp)


Share To:

Post A Comment: