INFOSEKAYU.COM - Sebagai daerah tercepat dalam penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017, memicu banyak daerah untuk datang dan belajar kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, kali ini bertempat di Ruang Rapat Randik, Selasa (28/08/2018) giliran Pemerintah Kabupaten Muara Enim datang melakukan diskusi dan sharing bagaimana strategi Pemkab Muba melakukan persiapan penyusunan LKPD dan penerapan Akuntansi Berbasis Akrual.


Kepala BPKAD Muara Enim Armeli Mendri menjelaskan kedatangannya bersama Dinas dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Muara Enim bermaksud untuk menggali informaasi dengan Pemkab Muba bagaimana strategi percepatan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

"Selama ini kami terus terkendala pada penyampaian laporan dana desa dan dana BOS, kami berharap dari kunjungan kami ini bisa mendapatkan informasi yang detail sehingga bisa juga kami terapkan di Muara Enim," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Sekda bidang Administrasi Umum Muba H Ibnu Sa'ad SSos MSi mengungkapkan capaian dan penghargaan tersebut merupakan komitmen dan kerjasama antara Bupati, Wakil Bupati dan kepala Perangkat daerah untuk bekerja keras, cepat dan tepat pada setiap kegiatan.

"Kami merasa tersanjung menjadi daerah yang dikunjungi, mari kita sharing dan diskusikan insyaalah kami bantu," ungkapnya.

Ibnu menjelaskan ada beberapa strategi yang dilakukan Pemkab Muba dalam percepatan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah diantaranya  Komitmen, identifikasi masalah, rapat koordinasi perangkat daerah, tindak lanjut, monitoring dan memberi sanksi.

"Menurut kami masalah yang paling krusial dan harus diperbaiki dalam penyusunan laporan keuangan ini adalah ketidakpatuhan OPD menyampaikan laporan keuangan," dijelaskannya. /red/


Share To:

Post A Comment: