Tinggi badan dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti kanker. (Foto: Getty Images)
Sekayu, Infosekayu.com - Sebuah penelitian baru oleh University of California mengungkap bahwa orang dengan tinggi badan di atas rata-rata memiliki risiko lebih besar terkena kanker. Hal ini disebabkan karena mereka memiliki lebih banyak sel dalam tubuh.

Tinggi yang normal secara rata-rata menurut penelitian ini untuk wanita adalah 162 cm dan pria 175 cm. Risiko seseorang terkena kanker meningkat 10 persen untuk setiap 10 cm. Tubuh yang memiliki tinggi diatas garis normal memiliki sel yang dapat bermutasi dan menyebabkan kanker.

"Kami sudah mengetahui bahwa terdapat korelasi antara risiko kanker dan tinggi badan. Semakin tinggi seseorang, semakin tinggi risiko kanker," kata Georgina Hill dari Cancer Research UK dikutip dari CNN.

anker usus besar, ginjal, dan limfoma termasuk di antara jenis kanker yang sering menyerang orang dengan tubuh tinggi.Peningkatan risiko kanker juga bisa terjadi akibat efek dari perubahan gaya hidup. Hill berujar, tindakan yang lebih penting yang dapat dilakukan untuk membuat perubahan seperti behenti merokok dan menjaga berat badan tetap ideal.

Dalam penelitian ini, tinggi badan juga sering dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk pembekuan darah, masalah jantung, dan diabetes. 
"Apa yang belum kami yakini adalah mengapa, apakah ini hanya karena orang yang lebih tinggi memiliki lebih banyak sel di tubuh mereka atau terdapat hubungan tidak langsung yang berkaitan dengan nutrisi masa kanak-kanak," tuturnya. (im)

Share To:

Post A Comment: