INFOSEKAYU.COM - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Hj Thia Yufada Dodi Reza secara resmi membuka Sosialisasi dan Peragaan Senam Poco-Poco Nusantara Tahun 2018 di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Sekayu, Rabu (5/9/2018).


Dalam sosialisasi ini akan membahas sekaligus praktek langsung tentang bagaimana gerakan dan manfaat Senam Poco-Poco Nusantara dari instruktur senam profesional Sumatera Selatan Budiman Susanti dan instruktur senam lainnya dari Palembang dan Muba.

"Secara sederhana, gerakan tari poco-poco ternyata mampu merangsang fungsi kognitif pada otak. Tepatnya fungsi eksekutif. Pada orang pikun, fungsi eksekutif itu cenderung melemah" ujar Santi.

Lanjut Santi banyak manfaat kesehatan dari poco poco yang tidak dimiliki dari bermacam senam lainnya, karena poco-poco telah memiliki penjelasan riset dan medis.

”Tari poco-poco ternyata juga dapat mengurangi potensi Alzheimer atau penyakit degeneratif otak. Penyakit Alzheimer sebagian besar menyerang orang di atas 65 tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Thia Yufada berharap dari sosialisasi ini para peserta mampu dan mau menularkan semangat olahraga di daerahnya masing-masing.



"Setelah sosialisasi ini saya harap para ibu camat dapat mengajak warganya untuk melakukan senam sehingga dapat juga merasakan manfaat dari senam poco-poco ini,” ujar Istri Bupati Muba tersebut.

Meskipun penyakit Alzheimer menyerang lansia pada umumnya, ia berpesan agar sebaiknya kegiatan ini tak dilakukan ketika tua dan demensia sudah mulai menunjukkan gejala.

"Kalau dari muda sudah olahraga teratur, kita harapkan ketika lansia tetap sehat dan bugar,” imbuhnya. /red/

 
Share To:

Post A Comment: