INFOSESEKAYU.COM - Potensi olahraga di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak diragukan lagi, pasalnya program Kementerian dan Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI yaitu Gala Desa kembali digelar dan Kabupaten Muba dipercaya sebagai tuan rumah bagi empat cabang olahraga (cabor) pada 3 Oktober 2018 mendatang.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muba, Drs A Suandi menyebutkan akan ada 12 ribu masyarakat dan pelajar yang menghadiri opening ceremony Turnamen Gala Desa 2018 di Stable Berkuda Muba.

"Ada empat cabang olahraga nantinya yang akan ikut turnamen dan diikuti atlet yang tersebar di 218 Desa di Kabupaten Muba," jelasnya saat rapat koordinasi di Ruang Rapat Randik, Kamis (27/9/2018).

Lanjutnya, adapun turnamen yang diperlombakan yakni Atletik (Desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa - Pelajar), Bulu Tangkis (Kelurahan Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin - Pelajar), Bola Voli (Desa Tebing Bulang Kecamatan Sungai Keruh - Pelajar) dan Sepak Bola (Desa Bayar Ilir/Lubuk Harjo/Wonorejo Kecamatan Bayung Lencir- Masyarakat Umum.

"Pelaksanaan Turnamen Gala Desa ini setiap Cabor di masing-masing kecamatan akan digelar dengan jadwal yang berbeda-beda, sehingga nanti Bupati kita bisa langsung meninjau dan membuka langsung saat cabor digelar, dan ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2018," imbuhnya.

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan Turnamen Gala Desa di Kabupaten Muba juga nantinya akan diadakan bazaar dan hasil kreatifitas masyarakat Muba. "Kita harapkan kegiatan ini nantinya berjalan lancar dan sukses," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir H Yusman Sriyanto MT mengatakan, Muba dipercaya kembali sebagai tuan rumah karena Muba dianggap salah satu kota olahraga yang telah banyak mensuplai atlet  mewakili Sumsel dalam event nasional.

Gala Desa ini tidak lain bertujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Namun lebih jauh lagi program tersebut bisa digunakan sebagai sarana menemukan bibit-bibit olahragawan yang berbakat tinggi di Kabupaten Muba.

"Kegiatan seperti ini tentunya tidak asing lagi bagi kita, sudah biasa melaksanakan momen seperti ini. Apalagi tahun kemarin sudah pernah kita ditunjuk sebagai tuan rumah pegelaran gala desa ini. Ini rapat final, untuk selanjutnya kepada panitia instansi yang telah ditunjuk agar koordinasi langsung dengan Dispora," imbuhnya. /red/


Share To:

Post A Comment: