INFOSEKAYU.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) akan menjajaki kerjasama dengan PT Sky Energi Indonesia terkait pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk daerah yang tidak terjangkau jaringan PLN.


Bupati Muba, H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Setda Muba, Ir H Yusman Sriyanto, MT, menyambut baik dan akan mempertimbangkan kerjasama tersebut, mengingat sesuai dengan karakteristik Kabupaten Muba yang banyak wilayah terpencil seperti daerah pasang surut Kecamatan Lalan.

"Nanti rekan-rekan dari BUMD Petro Muba kami minta untuk mendalami lagi sistemnya bagaimana, bisa dipasang di mana. Tidak menutup kemungkinan bisa dipasang di tempat lain, tidak hanya di Kecamatan Lalan, kalau sudah sepakat baru kita MoU," ujar Asisten II saat memimpin rapat presentasi sistem pengembangan pembangkit listrik PLTS di Ruang Rapat Randik Pemkab Muba, Kamis (20/9/2018).

Direktur Marketing PT Sky Energi Indonesia Ronald Sibarani dalam paparannya mengatakan selama ini perusahaannya telah mengembangkan PLTS di bagian timur Indonesia seperti Provinsi Sulawesi, dan ia menawarkan solar panel 3 MWP dengan luasan lahan yang dibutuhkan per MWP 1,2 hektar di mana solar panel bisa berusia hingga 20 tahun dan batre 150 tahun.

"Dengan menggunakan tenga matahari tentu ini (PLTS) biayanya murah dan ramah lingkungan serta dapat menambah kapasitas juga membantu PLTD yang sudah ada," paparnya.

Rapat tersebut juga dihadiri Direktur Utama PT Petro Muba H Yuliar SE, dan Perangkat Daerah Muba terkait. /red/


Share To:

Post A Comment: