INFOSEKAYU.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan mengeluarkan inovasi terbaru, yakni berupa Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat, atau emergency call 112, yang direncanakan launching pada acara puncak peringatan HUT Muba yang ke-62 pada tanggal 28 September 2019 mendatang.


Untuk itu Pemkab Muba bersama seluruh jajaran perangkat daerah terkait melakukan rapat koordinasi perihal persiapan launching, di Crisis Room Muba Command Center Lantai Dasar Kantor Bupati Muba, Selasa (4/9/2018).

Asisten II Setda Muba, Ir H Yusman Srianto, MT menyambut baik program yang akan dilaksanakan tersebut yang mana Dinas Kominfo Muba sebagai leading sektornya, ia juga menghimbau kepada perangkat daerah terkait agar dapat berkoordinasi dengan baik, supaya NTPD Muba 112 diimplementasikan seperti yang diharapkan.

"Semoga 28 September 2019 ini bisa kita launching," ujar Asisten II Setda Muba yang hadir dalam rapat tersebut selaku pimpinan rapat.

Plt Kepala Dinas Kominfo Muba, Dicky Meiriando, SSTP, MH, mengatakan pusat panggilan darurat 112 nantinya berada di Command Center Muba dan tanggung jawab Dinas Kominfo, untuk merespon semua pelayanan publik, laporan, dan keluhan-keluhan masyarakat, seperti bencana alam, sosial, kecelakaan, kesehatan, gangguan keamanan, serta kekerasan perempuan dan anak.

"Laporan dari masyarakat tersebut akan diteruskan dan ditangani oleh perangkat daerah terkait seperti dinas kesehatan, pemadam kebakaran, satpol PP, badan penanggulangan bencana daerah, dinas perhubungan, dinas PU PR, dinas pemberdayaan perempuan dan anak,  serta dinas sosial," tutur Dicky.

Lanjutnya, untuk penyediaan teknologi dan pelatihan SDM Pemkab Muba bekerjasama dengan PT Jasnita.

"Polisi belum masuk, nanti kita MoU dulu dengan kepolisian terutama dalam penanganan bidang keamanan," pungkasnya. /red/

 
Share To:

Post A Comment: