INFOSEKAYU.COM - Rabu (17/10/2018), SMPN 3 Lais bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin menyelenggarakan dua kegiatan sekaligus yaitu Bimbingan Teknis Pembuatan Majalah Sekolah dengan menghadirkan narasumber Duta Baca Muba, Rojaki, MPd, dan Kabid Layanan Perpustakaan, Zainal Abidin, SIP, MSi. Didampingi oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan, Emi Marviana, SE, MSi, serta pustakawan, Reffinra Irwantoni, S SIP.


Di ruang terpisah juga diselenggarakan Kegiatan Workshop Tata Kelola Pengarsipan dan Persuratan,  dengan Narasumber Kabid Pembinaan Kearsipan, Herawaty, S Kom, M Si dan Arsiparis, Djum Hermawati, SAg, dengan peserta berjumlah 60 orang Tenaga Administrasi Sekolah dari beberapa sekolah di Kecamatan Lais, Babat Supat dan Sungai Keruh.

Ditemui secara langsung, Rojaki, MPd, dan Kabid Layanan Perpustakaan Zainal Abidin, SIP, menyampaikan bahwa kegiatan ini tentunya mempunyai manfaat yang luar biasa. "Majalah sekolah adalah media untuk menyampaikan infomasi kegiatan sekolah, melatih kecakapan dan bakat menulis siswa dan juga media promosi berbagai kegiatan sekolah kepada masyarakat luas," ujar Zainal.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Lais, Mardiana, MPd, menyambut baik hadirnya Duta Baca Kab Muba, Rojaki, MPd. "Selain mengajarkan bagaimana teknik membuat majalah sekolah juga, siap menerbitkan majalah sekolah dengan menjalin kerjasama salah satu pihak penerbit yang ada di Yogyakarta.

Selain itu, ia juga mengatakan sangat penting diadakan kegiatan Workshop Tata Kelola Pengarsipan dan Persuratan, karena sebagian besar peserta belum mengetahui pentingnya arsip, tertib arsip dan pengelolaan arsip sekolah bagi sekolah mereka masing-masing.

"Di samping mendapat pengetahuan tentang pengelolaan arsip dibahas juga tentang persuratan.  Bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar, serta menentukan kode klasifikasi yang tepat untuk setiap surat karena selama ini Tenaga Administrasi Sekolah hanya mengandalkan pengalaman dalam membuat dan mengurus surat-surat sekolah," ungkap Mardiana.

Dia juga mengatakan kesiapan sekolah SMPN 3 Lais untuk menggelar acara lanjutan, yakni pemilihan duta baca sekolah dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. /red/

Share To:

Post A Comment: