INFOSEKAYU.COM - Gempa bumi yang disertai tsunami dan fenomena langka berupa tanah bergerak (lukuifasi) yang menimpa Palu, Donggala, Sigi dan wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah telah membekaskan rasa duka yang sangat mendalam. 




Tak cukup hanya berempati dan ucapan duka cita semata. Harus ada langkah nyata untuk membantu para warga korban terdampak bencana di Sulteng. Tak tanggung-tanggung, dari wilayah Sumatera tepatnya Kabupaten Musi Banyuasin, orang nomor dua di Kabupaten tersebut berinisiatif menggalang dana untuk meringankan beban para korban.

Melalui laman crowdfunding kitabisa.com, Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi bersama beberapa orang rekan lainnya membuka laman penggalangan dana secara patungan untuk membantu para korban.

“Sedih sekali rasanya, melihat dari layar kaca dan lini masa media sosial bagaimana rumah tempat tinggal luluh lantak, warga kehilangan anggota keluarga yang dicintainya. Ditambah lagi sebagian besar infrastruktur hancur dan rusak parah,” ujar Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi mengungkapkan keprihatinannya.

Baginya, meski terbentang jarak yang sangat jauh dengan Palu, Donggala dan Sigi, bukan berarti tak ada yang bisa diperbuat, lebih dari ungkapan empati dan doa semata. “Semua tentunya turut bersimpati atas kondisi saudara-saudara kita di sana saat ini,” imbuh suami Susi Imelda Frederika ini.


Aksi penggalangan donasi online melalui pranala https://kitabisa.com/mubabisapeduli yang dimulai per Rabu (3/10/2018) kemarin, hingga hari kedua sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp.11,1 juta rupiah lebih.

“Target kita, dalam 30 hari ke depan bisa mengumpulkan dana hingga Rp 1 Miliar. Syukur-syukur bisa lebih,” harap Beni.

Ia mengajak kepada masyarakat luas, khususnya warga Musi Banyuasin untuk melakukan aksi donasi patungan. "Saya mengajak kita semua melakukan aksi bagi saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah : mengundang siapapun yang tergerak dan peduli untuk aksi bergerak peduli, patungan menggalang donasi dari Musi banyuasin untuk bantuan bencana gempa,”, ujarnya.

Dalam kolaborasi kampanye penggalangan donasi ini dilakukan bersama oleh Beni Hernedi, Siska Marleni (Anggota DPD RI asal Musi Banyuasin), H Joko Pronoto (Direktur pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Musi Banyuasin), Agus Syahputra ( Penasehat Ikatan Pelajar Mahasiswa Musi Banyuasin Yogyakarta) dan Chandra wijaya (Ketua Karang Taruna Musi Banyuasin).

Bagi masyarakat luas yang ingin membantu, bisa mengunjungi link Di SINI dan klik tombol tombol merah, "DONASI SEKARANG", masukkan nominal donasi. Lal pilih metode pembayaran donasi. Ada tiga metode pembayaran, yakni transfer bank, kartu kredit atau Go-Pay.

Penyaluran dana yang terkumpula akan dilakukan bertahap. Dan disalurkan langsung melalui pemerintah daerah terdampak bencana. /red/pan/
Share To:

Post A Comment: