INFOSEKAYU.COM - Tradisi saling membantu dan tolong menolong di tengah masyarakat sudah mendarah daging di Indonesia. Di saat sanak dan saudara yang tertimpa musibah, maka jiron tetangga tanpa diajak dan diberitahukan maka datang dengan sendiri.

Wakil bupati Musi Banyuasin saat berada di kantor kitabisa.com
Seperti kondisi saat ini, musibah yang dialami oleh saudara kita di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah, yang membutuhkan perhatian dari seluruh masyarakat Indonesia, tidak terkecuali dari masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, mengungkapkan bahwa ajakan gerakan sosial saat ini, yaitu gotong-royong, patungan , menyumbang itu sudah menjadi watak dan karakter masyarakat termasuk masyarakat Muba.

“Sudah biasa masyarakat kita saling membantu. Contoh jika ada warga yang meninggal dunia, ada yang menyumbang beras, dan jika ada hajatan nyumbang, bahan sembako dan keperluan lainnya,” kata Wabup.

Dijelaskannya, bahwa itu merupakan cara konvensional yang sudah ada sejak dahulu. Tetapi konsep saling membantu saat ini harus mengikuti perkembangan zaman yang serbah cangggih. Sehingga pemanfaatan teknologi canggih yang berbasis internet menjadikan gerakan saling membantu atau sosial semakin mempermudah masyarakat memberikan donasinya, kepada orang yang membutuhkan.

“Kini sudah ada pilihan alternatif cara menggalang sumbangan dan donasi selain masang drum dan jala kecil tengah jalan, untuk kepentingan sosial. Kini kita sudah ada platform kitabisa.com yang sedang dijajaki kerjasamanya dengan Pemkab Muba. Sehingga diharapkan menjadi solusi Smart Regency Muba, yang tentunya bermaksud memberikan layanan yang cerdas di Muba,” bebernya.

Diharapkan dengan konsep membantu sesama, melalui teknologi yang berbasis internet, masyarakat Muba nantinya bisa terkoneksi melalui crowd funding. Sehingga nantinya, bukan hanya sebatas kegiatan sosial, diharapkan mampu membuat flatform appllikasi untuk, keagamaan, kebencanaan hingga permodalan bagi masyarakat Muba.

“Kita berharap, langkah awal rencana kerjasama dengan kitabisa.com, bisa melahirkan sejumlah program yang positif bagi seluruh masyarakat Muba,” pungkasnya.

Guna meningkatkan serta membangkitkan kesadaran peduli akan sesama, Pemerintah Kabupaten Muba telah mendatangi kantor Kitabisa.com yang bergerak di bidang sosial berbasis digital. Kerjasama tersebut nantinya akan dikembangkan untuk bidang sosial lainnya. /red/

Sumber : Detik Sumsel

Share To:

redaksi

Post A Comment: