INFOSEKAYU.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan menciptakan ketahanan pangan khususnya di Bumi Serasan Sekate. Pemkab Muba pula telah melaksanakan sejumlah langkah strategis untuk mencapai visi tersebut.


"Pemkab Muba akan terus menjalankan kebijakan yang pro dengan petani untuk menjadi bagian komitmen menciptakan ketahanan pangan," ujar Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi di sela menghadiri Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVIII Tingkat Nasional Tahun 2018 di Desa Jejangkit Muara Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan, Kamis (18/10/2018).

Dikatakan, revitalisasi pertanian memang salah satu komitmen Pemkab Muba dan dengan revitalisasi pertanian itu Pemkab membantu petani agar mampu mengolah lahan dengan maksimal."Sehingga nantinya bisa menjadi tumpuan hidup masyarakat Muba, khususnya para petani," harapnya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyebutkan para petani menjadi ujung tombak pertanian di Indonesia. "Tahun ini juga terus gencar untuk mengajak petani dan Pemerintah Daerah memanfaatkan lahan lebak menjadi sawah," urainya.

Lanjutnya, keberhasilan Indonesia mencapai swasembada beras tidak terlepas dari pemanfaatan anggaran untuk perbaikan infrastruktur pertanian maupun pengadaan sarana pertanian yang diberikan secara gratis kepada petani.

"Bantuan gratis ini dapat digunakan petani untuk meningkatkan produktivitas beras dan mencegah potensi terjadinya rawan pangan," pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Kalimantan Selatan, dan Perwakilan FAO. /red/


Share To:

Post A Comment: