INFOSEKAYU.COM - Capaian pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) masih rendah hingga Oktober ini.


Asisten Bidang Administrasi Umum (III) Pemkab Muba H Ibnu Sa'ad, SSos, MSi, meminta peran aktif para Kepala UPTD saat memimpin rapat koordinasi di Ruang Rapat Randik, Senin (15/10/2018).

"Stake holder yang bertatap muka langsung dengan para kolektor PBB kan para UPTD. Sehingga diminta peran aktifnya untuk pembayaran PBB. Libatkan aparat desa setempat saat penagihan," jelas Ibnu.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Retribusi Daerah (BPPRD) Muba H Riki Junaidi AP, MSi, mengatakan, sejauh ini ada kendala yang membuat penerimaan PBB tahun ini belum mencapai target.

"Beberapa kendala mulai dari kurangnya kesadaran masyarakat akan kewajiban membayar pajak hingga jaringan pada sistem yang sering bermasalah sehingga mengganggu proses perbaruan data," terang dia.

Tambah Riki BPPRD Muba sudah melakukan tindakan untuk menggenjot penerima PAD dari sektor PBB, yakni turun langsung menjemput bola di lapangan tetapi terkendala karena jumlah SDM yang terbatas.

"Paling bisa menekan pembayaran memang peran aktif Kepala UPTD," pungkasnya. Capaian hingga Oktober baru sekitar 38,43% sementara target 70%. /red/

Share To:

redaksi

Post A Comment: